Dilanda Kekeringan, Warga Aceh Besar Gelar Salat Istisqa

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 10:43 WIB
Warga Aceh Besar menggelar salat Istisqa. (Agus/detikcom)
Aceh Besar -

Warga di Kabupaten Aceh Besar menggelar salat Istisqa (salat minta hujan) setelah daerah tersebut dilanda kekeringan. Akibat kemarau tersebut, area persawahan kering sehingga terancam gagal panen.

Pantauan detikcom, salat Istisqa digelar di lapangan bola Lonkali di Desa Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Aceh, Kamis (23/1/2020). Warga berkumpul di lokasi sejak pagi, namun salat baru digelar sekitar pukul 09.00 WIB.

Jemaah salat menggelar sajadah di lokasi. Warga khusyuk melaksanakan salat sunah dua rakaat di bawah terik matahari. Salat diimami pimpinan pesantren Dayah Ulee Titi, Abu Athaillah Ishak Al-Amiry.

Dilanda Kekeringan, Warga Aceh Besar Gelar Salat IstisqaWarga Aceh Besar menggelar salat Istisqa. (Agus/detikcom)

Setelah salat, digelar doa dan dilanjutkan khotbah yang juga disampaikan Abu Athaillah. Masyarakat lintas usia tidak bergerak dari lokasi saat khatib menyampaikan khotbah.

"Kita menggelar salat Istisqa karena kita membutuhkan air. Semua orang butuh air, baik orang miskin maupun orang kaya, tanaman juga butuh air. Kita minta kepada Allah supaya diturunkan hujan," kata Abu Athaillah dalam khotbahnya.

Simak Juga Video "Pacuan Kuda Tanah Gayo, Aceh Tengah"

[Gambas:Video 20detik]

Salat Istisqa yang digelar tersebut juga dihadiri Bupati Aceh Besar Mawardi Ali serta sejumlah pejabat. Mawardi mengatakan kekeringan yang terjadi di Aceh Besar sejak beberapa bulan lalu mengakibatkan debit air berkurang.

Menurutnya, Pemkab Aceh Besar sudah memperbaiki kerusakan irigasi sehingga kembali dialiri air. Namun, karena debit airnya kurang, waduk yang ada di Aceh Besar mengalami penurunan debit air.

Hal itu, jelasnya, mengakibatkan area persawahan di beberapa wilayah tidak mendapat pasokan air. Pemkab juga sudah melakukan pemompaan terhadap beberapa sumber air.

"Dan sumber yang ada juga terbatas sehingga kita diprediksi akan gagal panen tahun ini beberapa hektare di Aceh Besar," kata Mawardi kepada wartawan.

"Karena itu, hari ini kita menggelar salat Istisqa, salat minta hujan kepada Allah. Mudah-mudahan, dengan ulama kita, masyarakat, dan semua turun untuk salat Istisqa, mudah-mudahan bisa turun hujan. Karena hujan ini jadi salah satu solusi kekeringan bisa kita atasi," jelas Mawardi.

(agse/imk)