Round-Up

Seragam Purnawirawan Kivlan di Persidangan demi Kehormatan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 20:09 WIB
Kivlan Zen mengenakan baju purnawirawannya di PN Jakpus. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ada yang berbeda dari penampilan Kivlan Zen di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hari ini. Terdakwa kasus kepemilikan senjata api (senpi) ilegal dan peluru tajam itu mengenakan seragam purnawirawan TNI AD.

Sebagaimana diketahui, Kivlan Zen dulu merupakan perwira tinggi TNI AD. Dia purnatugas dengan pangkat terakhir bintang dua di pundak atau mayor jenderal.

"Ini seragam untuk purnawirawan kalau pakai label putih. Saya memakai ini karena saya direkayasa oleh Wiranto (saat menjabat Menko Polhukam), Luhut (Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan), Tito (Mendagri Tito Karnavian saat menjadi Kapolri), oleh semua pejabat negara merekayasa," jelas Kivlan kepada wartawan soal tujuannya mengenakan seragam itu, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Bungur Raya, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Kivlan mengatakan akan membuktikan adanya rekayasa di kasusnya, dalam persidangan. Agenda sidang hari ini adalah melanjutkan pembacaan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan jaksa oleh Kivlan sendiri.

"Demi kehormatan saya, demi almamater saya, demi anak-cucu saya, demi keluarga saya dan demi semuanya. Jadi saya akan buktikan bahwa ini rekayasa dan ada komunikasi mereka merekayasa, terutama Luhut dan Tito. Ada nanti kami buktikan di pengadilan," jelas pria yang pernah menjabat Koordinator Staf Ahli KSAD (Koorsahli KSAD) ini.

Dia mengaku saat ini kondisinya belum sehat, tapi akan tetap membacakan nota keberatan. "Belum sehat, tapi karena kehormatan saya juga sehat. Kehormatan dan harga diri saya," jelas Kivlan.

Kivlan Zen Minta Dibebaskan dari Kasus Kepemilikan Senpi Ilegal:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4