Mualaf

Kisah Rosie Gabrielle, Biker Cantik yang Jadi Mualaf Usai Travelling

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 19:42 WIB
Foto: Instagram @rosiegabrielle/Kisah Rosie Gabrielle, Biker Cantik yang Jadi Mualaf Usai Travelling
Jakarta -

Islam menjadi agama yang Rahmatan Lil Alamin. Tak memandang latar belakang atau kondisi tertentu mereka yang ingin mencari kebenaran.

Siapa saja yang mencari dengan sepenuh hati pasti akan mendapatkannya, seperti yang dialami biker cantik Rosie Gabrielle. Dikutip dari Daily Times, biker asal Kanada ini menerima Islam sebagai agama dan jalan hidupnya pada awal Januari 2020.

"Ini adalah momen saat saya mengucapkan syahadat, sebuah pernyataan kebenaran atas Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai utusanNya. Syahadat bisa dilakukan di depan umum dengan orang-orang tertentu, atau diucapkan perlahan pada diri sendiri tanpa terpaksa," kata Rosie.

Tidak jelas faktor yang mendorong Rosie hingga akhirnya memeluk Islam, atau agama yang diyakini gadis 31 tahun tersebut sebelumnya. Namun sejak mulai touring dua tahun lalu, Rosie memang banyak mengunjungi negara timur tengah. Rosie sedang berada di Pakistan selama setahun terakhir.

Rosie juga sempat mengunjungi Oman pada 2017 dan mengunggah videonya lewat YouTube. Selama di Oman, Rosie menjumpai pengalaman yang berbeda dengan anggapan masyarakat umum. Rosie kemudian menuliskan pengalaman tersebut yang ternyata bersinggungan dengan muslim dan Islam.

"Saya belum pernah diperlakukan sebaik ini sepanjang hidup, hingga akhirnya meneteskan air mata. Menjadi perempuan pengendara motor tunggal, semua orang seperti ingin menolong saya. Saya diundang ke rumah, dibuatkan masakan, dirawat seperti anggota keluarga mereka sendiri kemanapun saya pergi. Saya tidak pernah dihakimi atau dipandang sebelah mata karena penampilan, jenis kelamin, agama, atau merasa terancam," kata Rosie.


Menurut Rosie, menolong yang membutuhkan tanpa ragu adalah bentuk kemanusiaan. Seluruh dunia selanjutnya bisa belajar bentuk kemanusiaan yang tepat, dari orang-orang yang ditemui Rosie selama perjalanan.

Rosie juga mengatakan ikut sakit hati dan terpengaruh atas penilaian negatif yang dialami masyarakat muslim. Dia berharap pengalamannya bisa menjadi inspirasi supaya tidak cepat menghakimi, ketakutan, dan tidak terbuka pada kalangan tertentu. Kepada yang terlanjur berperilaku negatif, pengalaman Rosie bisa jadi bahan untuk memperbaiki tingkah laku.

Travelling ke Oman adalah salah satu perjalanan yang paling menantang bagi Rosie. Dia menggunakan KLR 650 yang terlalu besar hingga Rosie kerap menjatuhkan motor tersebut. Tiap kali motornya jatuh selalu saja ada yang membantu mengangkat, bertanya apakah Rosie baik-baik saja, memberikan makanan atau minuman, serta memperbaiki kendaraannya.


Salah satu pengalaman yang paling diingat adalat saat Rosie disapa seorang pria tua. Pria tersebut sangat kaget saat tahu Rosie melakukan perjalanan sendiri dengan motor, yang besarnya nyaris sama dengan keledai. Orang tua tersebut kemudian membantu Rosie membereskan perlengkapan kemah dan sangat senang melakukannya.

Selain lewat YouTube, Rosie juga menggunakan Instagram untuk berbagai pengalaman selama touring hingga menerima Islam. Lewat Instagram juga Rosie menjawab pertanyaan terkait yang akan dilakukan usai mengucapkan syahadat. Berikut jawabannya dikutip dari Instagram Rosie di rosiegabrielle.

"Apakah aku akan ganti nama? Tidak."
"Apakah keluarga menerima saya memeluk Islam? Iya."
"Apakah aku memilih aliran tertentu? Tidak."
"Apakah aku akan haji atau umroh? Iya, tahun depan."
"Apakah aku akan menggunakan hijab? Tidak untuk sekarang."
"Apakah aku akan berhenti touring? Tentu tidak."

Lewat Instagram Rosie juga menjelaskan sebetulnya tidak akan ada yang berubah dengan hidupnya. Dia tetap Rosie asal Delta, Kanada yang kerap travelling sendiri dengan motor. Rosie sebetulnya kaget dengan perhatian dan berbagai respons yang diperoleh dari netizen. Rosie kembali menegaskan niat menerapkan ajaran Islam dengan baik sepanjang hidupnya.

(row/erd)