Mesin Waktu

Kisah "Pengebom Gila", 16 Tahun Meneror Kota New York

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 19:38 WIB
Foto: Polisi New York menggiring George Metesky (AP)

Ketika hari nyaris berganti pada 21 Januari 1957, sejumlah detektif mendekati rumah Metesky di Waterbury, Connecticut. Dia sendiri yang membuka pintu tersebut. "Saya tahu kenapa kalian di sini," ujarnya pada para detektif itu. "Kalian berpikir saya si Pengebom Gila."

Gambaran Brussel yang juga seorang kriminolog dan asisten komisioner di New York State Commission for Mental Hygiene soal pengebom itu nyaris mendekati profil Metesky sebenarnya. The New Yorker menyebut metode yang dijalankan Brussel ini merupakan cikal bakal teknik identifikasi dengan menganalisis perilaku dan psikologi pelaku.

Tak ada korban tewas akibat bom-bom yang dibuat Matesky itu. Namun total ada 16 orang yang terluka. Metesky kemudian mengakui semua perbuatannya itu. Namun setelah evaluasi kejiwaan dia divonis menderita skizofrenia paranoid.

Karena tidak kompeten untuk diadili, Metesky dimasukkan ke rumah sakit khusus bagi para pelaku kriminal yang menderita gangguan jiwa. Dia kemudian dibebaskan pada Desember 1973 dan wafat 21 tahun kemudian.

Halaman

(pal/fjp)