Gubernur Sulsel Kenang Danau Tempe yang Dulu Virgin, Kini Jadi 'Ajaib'

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 17:17 WIB
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau Danau Tempe di Kabupaten Wajo, Sulsel (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Wajo -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mengenang Danau Tempe di Kabupaten Wajo, Sulsel, yang dulunya masih perawan (virgin) tak terjamah. Namun kondisi Danau Tempe kian memprihatinkan sehingga Nurdin menyebutnya sebagai danau ajaib.

Nurdin mengunjungi Danau Tempe di wilayah Desa Manyili, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Sulsel, Rabu (22/1/2020). Nurdin bersama rombongan sempat menjajal Danau Tempe dengan menaiki kapal menuju rumah apung yang berada di atas Danau Tempe. Nurdin juga sempat melepas sekitar 5.000 bibit ikan nila ke Danau Tempe.

Saat perjalanan menuju rumah apung, tampak beberapa wilayah Danau Tempe telah kering dan digunakan warga untuk bercocok tanam. Selain itu, ditemukan banyak sekali tumbuhan eceng gondok di perairan Danau Tempe. Salah satu kapal rombongan Nurdin bahkan beberapa kali mesinnya mati akibat terjerat eceng gondok.

Foto: Danau Tempe di Kabupaten Wajo, Sulsel, Januari 2020 (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)


Nurdin mengatakan kondisi Danau Tempe ini memang telah mengalami pendangkalan. Hal ini jauh berbeda dengan Danau Tempe dahulu kala saat dirinya masih tinggal bersama orang tua di Desa Bulue, Kabupaten Soppeng, yang wilayahnya juga berdekatan dengan Danau Tempe.

"Waktu itu masih jaya-jayanya Danau Tempe. Masih virgin sekali Danau Tempe. Sekarang ini menjadi danau ajaib, satu-satunya danau yang bisa dilewati mobil, yang bisa dilewati motor (karena kering)," kenang Nurdin saat berkunjung ke Desa Bulue, Soppeng, Selasa (21/1) lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2