Pimpin Apel Siaga Bencana, Plt Walkot: Setiap Hari Terjadi Kebakaran di Medan

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 09:51 WIB
Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, memimpin apel kesiapsiagaan bencana di Medan (Foto: Ahmad Arfah/detikcom)
Medan - Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, memimpin apel kesiapsiagaan bencana di Kota Medan. Dalam arahannya, Akhyar menyebut hampir setiap hari terjadi kebakaran di Kota Medan.

"Di musim kemarau ini potensi bencana yang paling sering terjadi adalah kebakaran. Data yang ada, hampir setiap hari kebakaran terjadi di wilayah kota Medan. Bisa satu kali atau dua kali kebakaran terjadi di Kota Medan," kata Akhyar di Istana Maimun Medan, Rabu (22/1/2020).



Kebakaran ini, kata Akhyar, sering terjadi karena daya listrik dipasang tidak sesuai kebutuhan rumah. Selain itu masyarakat juga dinilai sering lalai saat menggunakan perabotan rumah tangga yang dapat menyebabkan kebakaran.

"Beberapa hal terjadi kebakaran secara potensi, pada waktu rumah dibangun hanya terpasang 450 watt. Karena perkembangan, kebutuhan listrik rumah tersebut kebutuhan listriknya menjadi 2200 watt, tapi kabelnya tidak diganti. Ini potensi kebakaran," jelas Akhyar.



"Satu lagi potensi, banyak potensi terjadi kebakaran karena banyak mamak-mamak lagi memasak ditinggal nonton tv, atau lagi chatting, atau asyik dia video call, rupanya kompornya meletup," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi kebakaran itu, Akhyar meminta seluruh masyarakat kota Medan untuk lebih cermat dalam setiap aktivitas rumah tangga. Ia juga meminta agar pemadam kebakaran dan dan tim tanggap bencana lainnya selalu siap jika dibutuhkan masyarakat. (mae/mae)