Cerita Istri Gubernur Jambi Bolak-balik Jadi Saksi Kasus Korupsi

Ferdi Almunanda - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 07:01 WIB
Rahima menggunakan jilbab biru saat meninggalkan ruangan persidangan (Ferdi A/detikcom)
Jakarta - Istri dari Gubernur Jambi Fachrori Umar yaitu Rahima kembali dihadirkan oleh Jaksa KPK di Pengadilan Tipikor Jambi, dalam sidang lanjutan uang ketok palu RAPBD Jambi 2017-2018. Rahima hadir bersama beberapa mantan anggota dewan lainnya serta beberapa pihak kontraktor Jambi, sebagai saksi dari tiga terdakwa yaitu Efendi Hatta, Zainal Abidin dan Muhammadiyah.

Dalam sidang lanjutan itu, Jaksa KPK sempat membahas persoalan aliran uang ketok palu Jambi yang diterima oleh mantan anggota dewan tersebut. Bahkan Jaksa juga sempat mengkonfortir antara Rahima dengan salah satu kontraktor bernama Muhammad Imanudin alias Iim terkait uang sebesar Rp 200 juta yang diberikan Iim kepada Rahima.



Di persidangan, saksi, Muhammad Imanuddin sempat mengatakan pernah menyerahkan uang ke Rahima pada awal Januari 2017 lalu. Pemberian uang itu disebut Iim sebagai perintah dari salah satu orang kepercayaan Zumi Zola yaitu Apif Firmansyah.

"Saya berikan dalam bentuk rupiah, dibungkus kantong asoy warna hitam, atas perintah Apif, dan uang itu lebih didahulukan kepada ibu Rahima," kata Iim dipersidangan, Selasa (21/1/2020).



Uang itu diberikan Iim kepada Rahima sekitar satu minggu lebih dulu dibandingkan anggota dewan lainnya berdasarkan perintah Apif.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3