Hindari Kucing dalam Karung, 2 Cawagub DKI Dinilai Perlu Diuji Publik

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 06:15 WIB
Dua cawagub DKI, Riza Patria dan Nurmansyah Lubis (Repro detikcom)
Jakarta - Dua nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari PKS, sudah muncul. Nantinya, DPRD DKI akan menggelar pemilihan untuk menentukan salah satu dari mereka yang akan menjadi wagub DKI. Namun PSI ogah bila disuruh bak memilih kucing dalam karung.

"Kita sangat ingin ada public hearing atas keduanya, juga ada uji publik juga untuk kedua kandidat, agar masyarakat tidak mendapat kucing dalam karung," kata Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI, Justin Adrian, kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).



Wakil rakyat di DPRD DKI bisa menjadi ujung tombak warga DKI menguji Riza dan Nurmansyah. PSI berharap uji publik itu digelar seperti proses uji kepatutan dan kelayakan, terbuka bagi pantauan publik.

"Dari mereka, kami ingin ada jaminan soal kapabilitas dan kualitas supaya bisa melengkapi gubernyr kita yang memang butuh bantuan. Wakil gubernur juga harus antikorupsi dan anti-intoleransi," ujar Justin. Hingga saat ini, PSI belum memutuskan akan memilih Riza atau Nurmansyah.



Gerindra dan PKS DKI Jakarta telah menyerahkan surat berisi nama cawagub DKI secara langsung kepada Gubernur Anies Baswedan, Selasa (21/1) kemarin. Mereka berjanji segera mempercepat proses pemilihan yang sudah lama terkatung-katung.

Kami akan proses juga di DPRD setelah kami terima surat dari Pak Gubernur," ucap Wakil Ketua DPRD DKI yang juga Ketua Gerindra DKI, M Taufik, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/1) kemarin. (dnu/dnu)