Harimau Masuk Perangkap di Muara Enim, Gubernur Sumsel Lega

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 16:10 WIB
Foto: ISTIMEWA/ Harimau yang ditangkap di Muara Enim Sumsel
Palembang - Harimau sumatera yang membuat resah warga Muara Enim, Sumatera Selatan sudah tertangkap. Gubernur Sumsel Herman Deru bahkan mengaku lega.

"Harimau yang selama ini mengganggu ketertiban dan kenyamanan orang banyak sudah tertangkap di Desa Plakat," kata Herman ditemui di kantornya, Selasa (21/1/2020).

Setelah harimau ditangkap, Herman berharap aktivitas masyarakat kembali normal. Masyarakat menurutnya dapat kembali berkebun dan tidak perlu khawatir.

"Mudah-mudahan masyarakat jadi nyaman, karena kasihan ini ekspansi hotel juga jadi menurun. Khusus bagi warga yang kemarin terdampak sekarang bisa beraktivitas lagi, diyakinkan harimaunya sudah tertangkap," kata Herman Deru.





Harimau Masuk Perangkap di Muara Enim, Gubernur Sumsel LegaFoto: Raja Adil-detikcom/ Gubernur Sumsel Herman Deru dan Kepala BKSDA Sumsel Genman Hasibuan


Selain itu Herman Deru meminta warga tidak beraktivitas dalam kawasan hutan lindung. Termasuk tidak mengganggu rantai makanan harimau sumatera.

"Kalau tidak mau harimau ganggu warga, warga juga jangan masuk ke habitat atau ganggu rantai makanannya. Jadi harimau tidak nganar (tidak liar). Tetapi yang jelas harimau sudah ditangkap," kata Herman Deru tegas.

Sementara Kepala BKSDA Sumsel Genman Hasibuan mengatakan harimau akan segera dievakuasi ke Lampung. Sebab tidak ada pusat rescue harimau sumatera di Sumsel.

"Kita rencanakan hari ini dibawa ke pusat rescue di Lampung. Belum tahu apakah melalui jalur darat atau seperti apa nanti teknisnya," kata Genman.

Setiba di Lampung, harimau sumatera itu akan diambil sampel darahnya. Ini untuk mengetahui apakah harimau ini yang menerkam dan menewaskan warga pada Desember lalu.

"Kan kemarin ada yang meninggal warga di luar kawasan hutan lindung diterkam sama harimau. Ini nanti kita ambil sampel darah supaya tahu apakah ini yang menyerang atau bukan," tegas Genman. (ras/fdn)