Kasih Kejutan, Jadi Strategi Asman Abnur Rebut Kursi Ketum PAN

Angga Laraspati - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 15:24 WIB
Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Asman Abnur (AA) resmi mendeklarasikan dirinya sebagai calon ketua umum (caketum) Partai Amanat Nasional (PAN). Menurut advokat yang juga kader PAN Sulistyowati, Asman sudah memiliki strategi khusus untuk menghadapi Kongres PAN yaitu Silent Strategy.

"Ya tidak juga, apa yang kelihatan di luar dengan klaim-klaim, itu hanya opinion engineering. Dengan kata lain AA memiliki peluang yang sama dengan kandidat lainnya," ujar Sulistyowati dalam keterangan tertulis, Selasa (21/1/2020).

Wakil Sekjen PAN periode 2010-2015 ini juga mengatakan istilah kuda hitam bagi AA tidak sepenuhnya benar, karena bursa suara di voters sangat dinamis. Akan tetapi, istilah kuda hitam sebenarnya dimaknai sebagai kandidat yang bakal bikin kejutan karena memang kuat di grassroot.


"Tapi kalo kuda hitam dimaknai siap membuat kejutan dan menang dengan silent strategy, saya kira iya. AA cukup matang menyiapkan jaringan suaranya hingga ke bawah. Kita lihat hasilnya nanti," ucapnya.

Sulistyowati menilai AA membawa suasana baru, harapan baru, gairah baru. Karena yang lama, menurutnya terbukti gagal.

"Indikatornya mudah, suara dan kursi. Kalau mereka mau melintir dengan justifikasi lainnya agar dikatakan berhasil, justifikasinya pakai apa? Kan setiap ukuran itu harus rasional, logis dan terukur. Kalau bilang berhasil dan ingin 2 periode, mananya yang disebut berhasil? Kan gitu urutannya," tambahnya.

(akn/ega)