Kapal Wartawan Terbalik di Labuan Bajo, Meteorologi: Angin Kencang Mendadak

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 14:04 WIB
Kapal pinisi terbalik di Labuan Bajo NTT. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Kapal Plataran Phinisi yang ditumpangi rombongan wartawan peliput Istana terbalik di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantauan Stasiun Meteorologi, embusan angin di Labuan Bajo dilaporkan mendadak menjadi kencang.

"Selama beberapa hari ini, sejak kunjungan Pak Presiden Jokowi di Labuan Bajo, cuaca Labuan Bajo bersahabat. Cuaca cerah dan tidak ada angin kencang. Maka dari itu, Syahbandar tidak mengeluarkan larangan melaut, karena ombak juga tidak tinggi," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat, Sti Nenotek, kepada wartawan, Selasa (21/1/2020).


Sti Nanotek menjelaskan hari ini embusan angin mendadak jadi kencang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 20 knot.

"Nah, terkait kejadian kapal yang terbalik tadi, itu angin tiba-tiba. Pantauan sejak pukul 9 hingga 11 Wita siang tadi memang ada angin kencang, 12 sampai 14 knot. Angin kencang tiba-tibanya sampai 20 knot. Ini yang membuat kapal itu terbalik," tuturnya.


"Menurut informasi beberapa nelayan, memang dua jam sebelum kapal itu terbalik, anginnya memang kencang sekali. Kapal itu kan baru saja keluar dari Hotel Plataran," dia menambahkan.



Simak Juga Video "Kapal Phinisi di Labuan Bajo Terbalik"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2