Kepala SKK Migas Temui Kapolri, Bahas soal Penindakan Mafia

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 20:18 WIB
Foto: Dok. Divisi Humas Polri


Argo mengatakan selama ini Polri sudah membantu SKK Migas dalam pencegahan dan penindakan praktik nakal mafia migas. "Polisi membantu tugas preventif dan represif," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Komisi VII DPR, Kardaya Warnika, menilai praktik mafia migas sebenarnya bisa dirasakan. Namun untuk mencari keberadaannya memang terbilang sulit.

"Kalau mengenai mafia migas itu ya saya selalu mengatakan ini seperti kentut, tercium tapi kalau dilihat siapa yang kentut susah, tapi dirasakan ada," ujarnya kepada detikcom, Minggu (19/1).

Menurut Kardaya, praktik mafia migas sulit diselidik lantaran kebanyakan dari mereka beraksi mengikuti peraturan yang ada. Namun mereka memanfaatkan celah-celah dari ketentuan yang berlaku.

"Mafia migas ini kan dilihatnya kalau pembelian minyak terasa lebih mahal dari yang semestinya, nah itulah tanda-tandanya. Sebetulnya mafia migas ini susah dilihat karena mereka bekerja mengikuti peraturan ketentuan, ya legal saja. Tapi mereka memanfaatkan celah-celah dari peraturan yang ada," tambahnya.
(abw/knv)