Jokowi Cek Kelaikan Kapal untuk Wisatawan di Labuan Bajo

Mochamad Zhacky - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 22:01 WIB
Jokowi menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo, NTT. (Foto: Agus Suparto/Presidential Palace)
Labuan Bajo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain mencoba menaiki kapal pinisi, Jokowi juga mengcek kelaikan kapal-kapal yang biasa digunakan oleh wisatawan.

"Presiden juga menilai kesiapan faktor keamanan dan keselamatan, seperti ketersediaan pelampung, radio komunikasi di kapal, dan peralatan lainnya," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis, Minggu (19/1/2020).

Presiden Jokowi mengcek kelaikan kapal.Presiden Jokowi mengcek kelaikan kapal. (Foto: Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)


Heru mengatakan, Jokowi telah mendengar bahwa wisata di Labuan Bajo tak hanya terkait dengan Taman Wisata Komodo. Jokowi, sebut dia, juga mengetahui Labuan Bajo juga terkenal dengan wisata baharinya.

Jokowi, sebut Heru. menaiki kapal pinisi dari dermaga hotel tempatnya menginap sekitar pukul 17.50 Wita, bertepatan dengan waktu matahari terbenam. Jokowi yang didampingi Staf Khusus Presiden, Adamas Belva Syah Devara berlayar kurang lebih selama 45 menit sebelum akhirnya kembali ke dermaga.



"Presiden tidak hanya ingin menaiki kapal saja, tapi juga ingin melihat langsung kesiapan kapal-kapal tersebut menyambut wisatawan," ucap Heru.

"Sekarang kan zamannya harus instragamable, jadi Presiden juga mencoba spot-spot itu," imbuhnya. (zak/sam)