Plafon Gereja Maria Kusuma Karmel Ambrol, Ibadah Pindah ke Aula

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 13:25 WIB
Sebagian plafon yang ambrol di Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel. (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Sebagian plafon di Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel (MKK) ambrol saat ibadah sedang berlangsung. Pihak gereja mengatakan penyebab ambrol tersebut adalah plafon gipsum yang rapuh terkena air hujan.

"Itu kan ada genteng yang bocor. Dari genteng bocor itu. Plafonnya itu gipsum. Gipsum itu menyerap air ya. Yang kelihatan semula tidak ada apa-apa. Karena mungkin menyerap air, dia ambrol, bukan runtuh," kata Tim Pelaksana Renovasi Gereja, Vincent, di Gereja Katolik Maria Kusuma Karmel, Jalan Kusuma, Meruya Selatan, Jakarta Barat, Minggu (19/1/2020).

Sementara itu, Bagian Umum Gereja MKK Budi Raharjo mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.05 WIB. Dia mengatakan ada sekitar dua meter persegi plafon gereja yang ambrol.

"Ini kami sampaikan bahwa memang ada sebagian kecil yang kurang-lebih 2 meter persegi. Plafon Gereja Maria Kusuma Karmel yang roboh dan menyebabkan dua orang terluka," kata Budi.




Lebih lanjut, Budi menjelaskan kejadian tersebut menyebabkan 2 korban luka yang dibawa ke Rumah Sakit Puri Indah. Satu korban mengalami luka ringan di kepala, sedangkan satu lagi mengalami patah di lengan bagian kiri.

"Ada dua orang. Satu pria. Satu wanita. Tapi wanitanya boleh disuruh pulang karena luka ringan. Kalau yang laki-lakinya... suami-istri itu ya... patah di lengan kiri," ujar Budi.

Budi juga mengatakan plafon tersebut ambrol saat proses ibadah sedang berlangsung. Usai kejadian tersebut, seluruh jemaat langsung dievakuasi untuk beribadah di aula lantai 2 dan lantai 4 gereja.

"Iya berhenti langsung. kita evakuasi tempatnya, pindah ke lantai 4 dan lantai 2. Di aula situ," ucap Budi.

Selain itu, Budi pun menjelaskan saat ini gereja tersebut sedang berada di masa renovasi sejak September 2019. Dia mengatakan, ke depan, prosesi ibadah akan dihentikan sementara hingga renovasi ruang gereja selesai.

"(Dialihkan) di aula lantai 4. Belum tahu, belum tahu sampai kapan. Sampai kondisinya bener-benar bagus di sini, sudah bisa ditempatkan (untuk ibadah)," tutur Budi. (dhn/dhn)