Bertemu Tokoh Lintas Agama, Mahfud: Jokowi Sangat Tegas, Gebuk Koruptor

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 21:34 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md bertemu dengan sejumlah tokoh bangsa dan lintas agama. (Isal/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md bertemu dengan sejumlah tokoh bangsa dan lintas agama. Persoalan yang dibahas seputar peliknya demokrasi dan toleransi di Indonesia.

Pertemuan itu berlangsung di rumah dinas Mahfud Md, Denpasar Raya, Jakarta Selatan, Jumat (17/1) malam. Acara itu dihadiri sejumlah tokoh, mulai cendekiawan muslim Quraish Shihab, Romo Franz Magnis-Suseno, hingga putri pertama Gus Dur, Alissa Wahid.

"Presiden atau pemerintah itu bersungguh-sungguh ingin memperbaiki negara ini, tapi tidak mudah karena beberapa hal. Misal ada sebuah konsep yang bagus menurut publik, tapi ketika sudah dibawa ke DPR, DPR punya pandangan lain. Kalau DPR sudah punya pandangan sama dengan Presiden, nanti civil society beda. Civil society sudah (beda) pendapat, LSM beda lagi. Media beda lagi. Itu yang sering dihadapi," ujar Mahfud kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

"Sehingga kadang-kadang yang menurut publik baik tidak mudah diputuskan oleh Presiden karena ini negara demokrasi, harus mendengarkan dari berbagai stakeholder," kata Mahfud.


Mahfud bersama tokoh lainnya juga membahas mengenai penindakan korupsi di Indonesia. Mahfud menilai Presiden Joko Widodo telah bertindak tegas, terutama dalam memberantas korupsi.

"Terutama Presiden sangat tegas. Gebuk itu koruptor, selesaikan masalah inefisiensi, deradikalisasi. Konsep itu tidak mudah, sehingga kita harus bersabar," ujar Mahfud.
Selanjutnya
Halaman
1 2