SSDM Polri Kembangkan Assessment Center, Kini Bisa Online

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 19:34 WIB
Foto: Dok. SSDM Polri
Jakarta - SSDM Polri meresmikan Ruang Assessment Center baru. Ruangan baru itu berada di lantai 3 Gedung TNCC, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel).

Ruangan baru itu disebut sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas sistem assessment. Sebagaimana diketahui SSDM Polri sebelumnya sudah memiliki Ruang Assessment Center di lantai 10 gedung yang sama.

"Program prioritas Kapolri (Kapolri Jenderal Idham Azis) mewujudkan SDM yang unggul melalui pembinaan karier berbasis meritokrasi dan kompetensi. (Assessment Center) ini wujud Polri telah melakukan langkah-langkah strategis dalam pengelolaan SDM," kata Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Eko Indra Heri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/1/2020).


Assessment Center berbasis komputerisasi ini diperluas dan menjadi sarana untuk menguji kompetensi polisi. Penilaiannya berdasarkan kompetensi manajerial.

Eko Indra menjelaskan tantangan Assessment Center ke depan adalah menghadapi perkembangan teknologi yang pesat. Oleh sebab itu Assessment Center SSDM Polri harus berkualitas tinggi agar dapat mencapai tujuannya.

"Diperlukan SDM yang unggul didukung dengan sarana prasarana yang memadai. Pengembangan sarana dan prasarana Assessment Center Polri mutlak harus dilakukan untuk mendukung para pengelola Assessment Center dan asesor dalam mentransformasi perkembangan teknologi" ucap Eko Indra.

Ikuti Arus Teknologi, SSDM Polri Kembangkan Kualitas Assessment CenterFoto: Dok. SSDM Polri



Selain memperluas ruang Assessment Center, SSDM juga menambah jumlah perangkat computer asissted test (CAT) dan alat pendukung lainnya.

"Dengan adanya pengembangan ruang dan fasilitas Assessment Center Polri ini maka penyelenggaraan assessment dapat dilakukan secara online dengan seluruh polda, dan dimanfaatkan untuk assessment individu," terang Eko Indra. (aud/fjp)