Kisah Haru di Balik Kesuksesan Montir Tak Tamat SD Perakit Pesawat Ultralight

ADVERTISEMENT

Kisah Haru di Balik Kesuksesan Montir Tak Tamat SD Perakit Pesawat Ultralight

Hasrul Nawir - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 14:03 WIB
Foto: Hasrul Nawir -detikcom/ Chaerul (40), warga Pallameang, Kabupaten Pinrang, Sulsel, merakit pesawat ultralight
Pinrang - Dibalik keberhasilan Chaerul, sang perakit pesawat ultralight ternyata ada kisah Chaerul yang menyentuh hati. Hal itu diungkapkan oleh kerabat Chaerul, yakni Lurah Pallameang, Asdar.

Asdar mengatakan Chaerul tercatat sebagai warga Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Chaerul dibesarkan oleh keluarga 'mekanik', Ayahnya bernama La Bangnga seorang perakit mesin. Keahlian Ayahnya itu menurun ke Chaerul kecil.

"Sejak kecil dia memang sudah bergelut dengan mesin, bahkan pulang dari sekolah langsung pulang ke rumahnya untuk bantu orang tuanya," ujar Asdar saat ditemui detikcom, Jumat (17/1/2020).



Asdar yang juga merupakan teman kecil Chaerul mengatakan sejak kecil Chaerul sudah dididik Ayahnya untuk merakit mesin. Hal itu tidak hanya berlaku untuk Chaerul, tetapi juga ke dua saudara perempuan Chaerul.

"Tidak ada Televisi di rumah, karena takut efeknya. Bahkan tiga saudara perempuannya itu semua bisa mengelas dan kerja mesin,"jelasnya.



Simak Video "Melihat Proses Perakitan Pesawat Buatan Montir Tak Tamat SD"

[Gambas:Video 20detik]




Menurut Asdar, Chaerul dan Ayahnya juga dulu sempat mencoba merakit helikopter. Namun, percobaan itu gagal, mesin helikopter percobaan itu, kata Asdar disimpan di rumah Chaerul sebagai tanda kenang-kenangan.

"Namun Helikopter tersebut gagal terbang, masih ada disimpan di rumah orang tuanya," katanya.

Dalam hal pendidikan, kata Asdar, semua saudaranya memang hanya tamatan SD saja.

"Prinsip orang tuanya yang penting bisa membaca, bahkan saya pernah cek HP nya di situ tidak tertulis nama, tapi hanya kode saja," tandasnya.




Chaerul Disebut Hendak Ditemui Keluarga BJ Habibie

Salah satu tetangga Chaerul, Suardi mengatakan Chaerul kemarin didatangi oleh orang yang mengaku utusan anak BJ Habibie, Ilham Habibie. Orang yang mengklaim utusan Ilham itu meminta nomor telepon Chaerul dan mengatakan rencana Ilham yang ingin mengundang Chaerul secara khusus.

"Kemarin ada yang mengaku utusan dari Ilham Habibie minta nomornya, katanya pak Ilham mau mengundangnya untuk bertemu," kata Suardi, Jumat (17/1).



Saat ini , Chaerul tengah berada di Kota Makassar memenuhi undangan dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

Sejak menjadi buah bibir setelah berhasil menerbangkan pesawat jenis Ultralight hasil rakitannya, Chaerul mengaku banyak menerima panggilan melalui telepon Selulernya.

"Yang sudah konfirmasi tanggal 21-22 Januari diundang ke Program Hitam Putih , dan tanggal 25-26 Januari diminta ketemu sama Surya Paloh di Makassar,"terangnya.



Untuk diketahui, Chaerul menjadi perbincangan orang sejak pesawat rakitannya berhasil mengudara saat uji coba. Pesawat yang diuji Chaerul adalah pesawat ultralight.

Momen uji coba pesawat ultralight rakitan yang berhasil terbang ini ramai di media sosial. Uji coba dilakukan di Pantai Ujung Tape, Pinrang, Rabu (15/1).

Dari video yang beredar, pesawat rakitan ultralight itu terbang dan mendarat dengan mulus setelah berputar-putar di udara.

(zap/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT