Round-Up

Sandera Terakhir Bebas dari Cengkeraman Abu Sayyaf

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 07:33 WIB
Foto ilustrasi: Tentara Filipina (REUTERS/Stringer)

Pembebasan Samiun dan Maharuydin tidak murah. Operasi militer pembebasan sandera menelan satu nyawa. Seorang prajurit Filipina gugur dalam kontak senjata.

Samiun dan Maharuydin pulang ke Indonesia. Kini tinggal satu lagi WNI yang masih disandera Abu Sayyaf, yakni Muhammad Farhan.

Sandera Terakhir Bebas dari Cengkeraman Abu SayyafDua sandera Abu Sayyaf yang berhasil bebas lebih dulu dan pulang ke Indonesia (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)



Akhirnya Farhan berhasil dibebaskan oleh militer Filipina, tepatnya di Baranggay Bato Bato, Indanan Sulu, pada Rabu (15/1) pukul 18.45 waktu setempat. Farhan lantas dibawa ke Rumah Sakit Westmincom, Zamboanga untuk diperiksa. Dia dinyatakan dalam kondisi sehat. Pemerintah saat mengapresiasi kerja sama dengan pemerintah Filipina.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memuji kinerja aparat yang membebaskan warga Indonesia. Hadi juga berterima kasih atas kerja aparat Filipina yang berhasil membebaskan WNI tersebut.



"Saya mengucapkan terima kasih kepada aparat yang telah sukses membebaskan sandera dari setidak-tidaknya yang terakhir adalah Muhammad Farhan," kata Hadi, di Lanud Leo Wattimena, Morotai, Maluku Utara, Kamis (16/1).

Sandera Terakhir Bebas dari Cengkeraman Abu SayyafPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Halaman

(dnu/dnu)