Ditemui Dubes China, Mahfud: RI Jaga Kedaulatan-Hak Berdaulat di Natuna

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 21:34 WIB
Mahfud Md (Ari Saputra/detikcom)

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan pertemuan ini membahas kerja sama pertama di tahun kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat. Dia mengatakan Indonesia-China akan menjalin kerja sama di berbagai bidang.

"Saya baru saja melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian (Kemenko Polhukam) mengenai perjanjian China dan Indonesia. Ini adalah tahun permulaan di mana Presiden Jokowi untuk kedua kalinya melakukan kerja sama Indonesia-China. Pertemuan tersebut membahas banyak hal contohnya pertukaran dagang dan lain-lain," kata Xiao Qian.



Dia juga mengaku hubungan antara Indonesia dan China dalam keadaan baik-baik saja. Dia menyebut Indonesia dan China menjalankan kerja sama dalam bidang politik hingga perdagangan.

"China dan Indonesia adalah teman baik. Kami menjalankan kerja sama dalam bidang ekonomi, politik, investasi, perdagangan dan banyak hal lain yang diakomodasi. Walaupun kami berteman baik, terkadang kami juga memiliki jalur yang berbeda atau tidak sejalan dengan Indonesia. Tapi itu bukan masalah, karena kami masih bisa berdiskusi dengan baik ketika ada masalah," ujarnya.
Halaman

(haf/haf)