Layanan Dukcapil Makassar Akhirnya Kembali Online

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 17:33 WIB
Foto: Pelayanan Dukcapil Makassar Offline (Ibnu-detikcom)
Makassar - Layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, Sulsel akhirnya kembali berjalan normal. Pencabutan pembekuan layanan ini mulai berlaku hari ini.

"Alhamudillah Jarkomdat (jaringan komputer dan data) Dukcapil sudah kembali normal (online) sejak pagi," kata Kepala Dinas Dukcapil Makassar, Ariaty Puspasarti Abady saat dihubungi, Kamis (16/1/2020).

Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan pelayanan Dukcapil Makassar telah berjalan normal seperti sedia kala pasca dibekukan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).




"Bagaimana apa sudah kembali online?" tanya Iqbal kepada Rosnani Kasubag Umum Kecamatan Panakukang saat melakukan kunjungan hari ini.

"Iye, Pak Wali sudah berfungsi, dan normal kembali," kata Rosnani.

Selanjutnya Iqbal melanjutkan kunjungannya ke Kantor Kecamatan Bontoala. Di sini Iqbal langsung memasuki ruang perekaman e-KTP juga untuk memastikan pelayanan kependudukan dan Suket sudah berjalan normal.

"Walaupun KK belum bisa dicetak namun dapat scan barcode melalui android bisa dilakikan. Jadi kita tinggal print saja melalaui android," jelas Iqbal.

Sebelumnya, pembekuan layanan Duckapil Kota Makassar buntut belum dilaksanakannya semua permintaan Kemendagri terkait mutasi pejabat di dinas itu.

Zudan menjelaskan pembekuan layanan ini lantaran pihak Pj Wali Kota Makassar, Iqba Suhaeb belum melaksanakan semua permintaan dari Kemendagri. Permintaan itu berupa pengembalian posisi jabatan kepada beberapa pejabat di lingkungan Dukcapil Makassar.

"Dia (Pj Wali Kota Makassar) belum melaksanakan semua yang kita tegur di bulan September 2019. Kan ada pejabat yang sudah di SK-kan tapi tidak dilantik-lantik," sambung Zudan.


Tonton juga Dukcapil Pastikan Korban Banjir Tak Dibatasi Waktu Ganti Dokumen :

[Gambas:Video 20detik]

(fiq/fdn)