Panglima-Kapolri Minta Aparat Profesional Hadapi Pilkada 2020 di Morotai

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 16:07 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beri arahan ke pasukan di Morotai, Maluku Utara (Foto: Rahel Narda Catherine/detikcom)

Dalam sambutannya, Hadi menyampaikan tiga tugas besar yang akan dihadapi TNI-Polri tahun 2020, yaitu pilkada serentak, Pekan Olahraga Nasional, serta antisipasi bencana alam. Dia mengatakan ketiga agenda ini akan dimasukkan ke dalam agenda TNI-Polri selama setahun ke depan.

"Prajurit TNI Polri tahun 2020 kita masih dituntut untuk kerja keras sukseskan pilkada serentak, menyukseskan PON 2020, menyiagakan satuan dalam rangka menghadapi hujan yang berakibat banjir dan tanah longsor. Dalam Rapim TNI-Polri nanti agenda itu juga saya masukkan dalam rencana satu tahun 2020, sehingga apabila itu datang, kita sudah ada quick respons untuk masalah-masalah tersebut sehingga tidak banyak menimbulkan korban," tutur Hadi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Idham Azis juga menyampaikan soal persiapan pengamanan Pilkada 2020. Dia menekankan seluruh personel untuk terus menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada.

Kapolri Jenderal Idham Azis beri arahan ke pasukan di Morotai, Maluku UtaraKapolri Jenderal Idham Azis beri arahan ke pasukan di Morotai, Maluku Utara Foto: Rahel Narda Catherine/detikcom

"Saya minta kalian tidak boleh ke kiri ke kanan, kalian lurus saja dan junjung tinggi asas netralitas. Saya tidak mau mendengar di jajaran Polda Maluku Utara pada saat pilkada nanti ada di antara anggota Polri yang tidak netral dalam pelaksanaan," kata Idham.

Menurut Idham, netralitas dalam jajaran TNI-Polri merupakan kunci dari keamanan dan ketertiban Pilkada 2020. Dia yakin Kapolda Maluku Utara dapat menerapkan hal tersebut kepada seluruh jajarannya.

"Saya mengimbau supaya rekan-rekan betul-betul menyadari, karena hanya dengan netralitas kita mampu mengawal kebersamaan pemilu dengan aman, tertib. Saya yakin Kapolda bisa membuat kebijakan-kebijakan saya dijalankan dengan baik," ucap Idham.
Halaman

(azr/azr)