Jokowi Pamerkan Desain Ibu Kota Baru di Pertemuan Industri Jasa Keuangan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 12:26 WIB
Foto: Presiden Jokowi di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020. (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020. Jokowi memamerkan desain ibu kota baru dalam pertemuan itu.

Desain itu dipamerkannya melalui cuplikan video yang ditayangkan. Jokowi mulanya bercerita soal ibu kota baru.

"Terakhir, saya ingin cerita sedikit mengenai ibu kota baru. Orang banyak berpikir kita ingin pindahkan lokasi, bukan. Atau pindah gedung pemerintahan, juga bukan," kata Jokowi dalam pidatonya di Ritz Carlton Hotel, Sudirman, Jakarta, Kamis (16/1/2020).


Menurutnya, banyak orang yang salah paham dengan pemindahan ibu kota itu. Jokowi mengatakan pemindahan tersebut tidak hanya sekadar memindahkan ibu kota tapi juga mengubah pola pikir dan pola kerja.

"Yang ingin kita pindahkan perubahan pola pikir, pola kerja, sistem yang semuanya akan baru. Kita akan install sebuah sistem. Jangan pikir kita akan memindahkan lokasi atau gedung, enggak," ujarnya.


Jokowi kemudian memamerkan gambaran ibu kota yang baru melalui video yang diputar di layar besar yang ada di belakangnya. Tak lebih dari semenit video tersebut diputar.

"Tapi untuk lebih detail kalau perencanaannya sudah 100 persen. Gambaran kurang lebih ibu kota baru seperti apa. Sangat hijau. Green city, smart city, compact, autonomous, karena yang kita gunakan electronic autonomous vehicle. Selain di kota itu enggak boleh," tutur Jokowi.



Jokowi Yakin Biaya Ibu Kota Baru Tak Lebih dari Rp 100 T:

[Gambas:Video 20detik]



(mae/idh)