Kapal Muatan Mobil Terhenti di Tengah Laut Banggai

M Qadri - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 11:55 WIB
Proses evakuasi penumpang di kapal muatan mobil di perairan Banggai. Foto: dok. Basarnas
Banggai - Kapal LCT Muara Indah Permai GT 119 kecelakaan patah as propeler saat berlayar. Kapal bermuatan mobil itu terhenti di tengah Perairan Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

"Bagian As Propeler kapal patah sehingga tidak bisa melanjutkan pelayaran, Tim SAR yang melakukan pencarian menemukan kapal tersebut dan menyelamatkan POB kapal sebanyak 8 orang di rute Pulau Salakan - Luwuk," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Palu, Basrano, kepada wartawan pada Kamis (16/1/2020) sekitar pukul 12.00 WITA di Palu.


Menurut Basrano, kapal tersebut diketahui bertolak dari Salakan menuju ke Luwuk. As propeler kapal patah pada Rabu (15/1), sekitar pukul 23.15 WITA.

Untuk korban yang berhasil dievakuasi adalah Oksi (nakhoda), Ahmad Jurais (Mualim-I), Laode Ilamansyah (Masinis-II), Haris (Masinis-III), Sainuddin Kmm), Oktavianus Appa (Juru Mudi), Ali Hasyim (Juru Minyak) dan Rendy Novrianto Haerani (Juru Minyak).

"Cuaca cukup cerah dengan ombak 0,5 m, saat ini proses evakuasi kapal tersebut masih sementara berlangsung untuk berandar di pelabuhan Luwuk," ucapnya. (tor/tor)