Korban Penggusuran Minta BPN Tangani Sengketa Lahan di Tamansari Bandung

Faisal Javier - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 15:28 WIB
Korban penggusuran minta BPN tangani sengketa lahan di Tamansari Bandung (Faisal Javier/detikcom)
Jakarta - Korban penggusuran Tamansari, Bandung kembali berunjuk rasa di depan Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Aksi hari ini adalah yang kedua mereka lakukan di tempat sama.

Massa berunjuk rasa sejak pukul 11.00 WIB di depan gedung Kementerian ATR/BPN, Kebayoran Baru, Jaksel, Rabu (15/1/2020). Mereka memulai aksi setelah long march dari Masjid Agung Al-Azhar. Massa tidak hanya dari warga Tamansari saja, namun juga dari wilayah lain yang terancam penggusuran, seperti Kampung Pilar Cikarang, Kampung Pekayon Bekasi, Kapuk Poglar Cengkareng, Batuceper Tangerang, Dadap Tangerang.

"Kenapa kami jauh-jauh datang ke sini? Karena di sini (Jakarta) pusatnya, kami di Bandung sudah tidak digubris," keluh seorang warga RW 11 Tamansari yang mendapat kesempatan berorasi.

"Hak untuk ruang hidup itu dilindungi, Pak. Jadi, kepada siapa lagi kami meminta, Pak?" Ia bertanya dengan kesal.


Ia mendesak agar Kementerian ATR/BPN turun langsung menangani sengketa lahan di Tamansari.

Massa merasa sudah tidak digubris saat demo di Jabar sehingga meminta pemerintah pusat untuk turun tangan (Faisal Javier/detikcom)

"Saya duduk di kursi roda ini jauh-jauh datang dari Bandung untuk mengabarkan, memberitahukan pada aparat negara, para pemimpin, para pemangku jabatan di sini, Kementerian ATR/BPN. Saya meminta agar seluruh para pemimpin supaya bertindak atau menindak langsung ke lokasi RW 11 Tamansari, Bandung, karena ini adalah tugas mereka, para pemimpin yang dipilih oleh rakyat," ujarnya panjang lebar.



Tonton video Buruh Geruduk Gedung DPR, Tolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja!:


Selanjutnya
Halaman
1 2