Penertiban Mattoanging Ricuh, Massa Serang Satpol PP dengan Batu-Busur

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 09:11 WIB
Foto: Noval/detikcomMassa menyerang Satpol PP dengan lemparan batu hingga tembakan busur.
Makassar - Penertiban Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging, Makassar mulai ricuh. Massa yang berjaga dari kawasan Mattoanging menyerang Satpol PP dengan lemparan batu hingga tembakan busur.

Pantauan detikcom di kawasan Mattoanging, Rabu (15/1/2020), Satpol PP mulai melakukan penertiban sekitar pukul 09.20 Wita. Satpol PP sebelumnya melakukan apel siaga di Kantor TVRI, tepatnya di sebelah Stadion Mattoanging.


Satpol melakukan penertiban dengan mencoba memasuki berbagai arah Mattoanging, salah satunya dari gerbang masuk Mattoanging yang berada di Jalan Stadion.

Satpol PP bersama kepolisian awalnya mencoba mempersuasi massa bertopeng yang berada di balik pagar. Satpol PP meminta massa membuka pagar yang digembok.

"Bisa tolong dibuka?" kata salah seorang anggota Satpol PP ke massa.

Namun massa menolak membuka pagar. Massa berdalih kunci gembok pagar dipegang orang lain.

"Tidak bisa, Pak, orang lain yang pegang, bukan kita," jawab salah seorang massa.

Perdebatan terus terjadi saat Satpol PP berusaha membujuk massa agar mau membuka pagar. Kericuhan pecah saat Satpol PP berusaha membuka paksa pagar. Seketika hujan lemparan batu mengarah ke Satpol dari balik pagar.



Sontak personel Satpol PP bersama awak media yang berada di luar pagar berhamburan. Sesekali tampak busur anak panah muncul dari balik pagar.

Sejumlah Satpol PP pun mulai terluka. Salah seorang di antaranya bahkan langsung dilarikan ke rumah sakit. (nvl/aan)