ADVERTISEMENT

Round-Up

Dewan Pengawas KPK Kunci Rapat Informasi Izin Penyidikan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 08:39 WIB
Dewan Pengawas KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)


Penegasan posisi Dewas KPK juga turut disampaikan Tumpak. Dia mengatakan Dewas KPK tidak akan mempersulit kinerja KPK.

"Mungkin yang hendak ketahui adalah masalah pemberian izin penggeledahan, penyadapan, dan penyitaan, tapi sebelum itu saya sampaikan bahwa kehadiran Dewas dalam KPK ini tidaklah bermaksud untuk mempersulit atau melemahkan atau menghalangi kinerja KPK," kata Tumpak.

Tumpak mengatakan kelima anggota Dewas KPK sangat mendukung semua kinerja yang dilakukan oleh KPK asalkan sesuai dengan prosedur. Ia juga menjamin setiap kegiatan yang dilakukan KPK tidak bertentangan dengan hukum.




"Kami komitmen berlima mendukung semuanya apa yang dilaksanakan oleh KPK, tapi tentunya harus berdasarkan ketentuan hukum yang ada. Jadi kami memberikan jaminan terhadap apa yang dilakukan oleh KPK itu memang sudah selaras tidak bertentangan dengan hukum yang ada," tuturnya.

Namun ada satu catatan dari Tumpak yaitu mengenai informasi izin dari Dewas KPK. Tumpak menyebut informasi tersebut tidak akan disampaikan ke publik.

Apa alasannya?

"Izin dari Dewas itu adalah merupakan bagian dari proses penyelidikan maupun penyidikan bahkan itu masuk dalam berkas perkara yang akan dibawa ke pengadilan. Oleh karenanya, izin itu merupakan informasi yang bukan bebas disampaikan kepada publik," kata Tumpak.

Merujuk pada amanah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, Dewas KPK berwenang memberikan atau tidak memberikan izin penyadapan, penyitaan, dan penggeledahan yang dilakukan KPK. Bagi Tumpak, persoalan izin itu bukan konsumsi publik karena berpengaruh pada target yang diincar tim KPK di lapangan.




"Itu strategi juga dari penanganan suatu perkara. Kalau saya sampaikan orang yang mau digeledah atau barang yang mau disita kabur semua itu nanti. Oleh karena itu banyak yang WA (WhatsApp) saya, saya tidak menjawab kan," ucapnya.

"Harapan saya teman-teman, jangan tanya-tanya apakah Dewas KPK sudah keluarkan izin? Dewas sudah mengeluarkan izin atau belum. Saya tidak akan bisa ngomong itu, karena itu adalah rahasia," imbuh Tumpak.

Namun dia memastikan ke depan tim KPK di lapangan sudah mengantongi izin dari Dewas KPK untuk melakukan penggeledahan dan/atau penyitaan. Tumpak mengatakan izin dari Dewas KPK akan diberikan paling lama 1x24 jam setelah diajukan KPK.
(dhn/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT