Kemendagri Ganti 10.166 Dokumen Warga Korban Banjir-Longsor

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 18:30 WIB
Foto: Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh. (Kadek-detikcom)
Jakarta - Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mengganti dokumen korban bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi pada awal Januari 2020 di sejumlah daerah. Selama 10 hari pelayanan, ada 10.166 dokumen yang diganti.

"Selama 10 hari Dukcapil di seluruh Indonesia sudah melayani 21 kabupaten/kota yang ada bencana banjir. Provinsinya ada di 9 Provinsi. Jumlah dokumen yg sudah kita bagi mengganti dokumen yang hilang atau rusak sebanyak 10.166," kata Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrulloh di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).


Metode pelayanan yang dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi-lokasi bencana. Pelayanan penggantian dokumen korban bencana banjir dilakukan secara mudah tanpa surat pengantar RT/RW maupun surat keterangan hilang.

"Persyaratannya tidak ada pengantar RT/RW, tidak ada pengantar surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan waktunya juga tidak kita batasi, artinya sepanjang ada bencana Dukcapil proaktif melakukan penggantian dokumen," ujarnya
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2