Kalapas Se-Banten Dirotasi, Kakanwil Minta Lapas Bebas dari Korupsi

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 14:34 WIB
Serah-terima jabatan untuk Lapas Klas IIA Serang, Lapas Kelas III Rangkasbitung, dan Rutan Kelas II-B Serang (Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang - Kepala unit imigrasi serta 8 kepala lapas dan kepala rutan se-Banten dirotasi. Kakanwil Kemenkum HAM Banten Imam Suyudi meminta pejabat baru menjadikan lapas dan rutan mendapat predikat wilayah bebas korupsi (WBK).

"Rotasi ada 74 di antaranya 9 kepala unit pelaksana teknis baik imigrasi dan 8 di antaranya kalapas dan karutan," kata Iman kepada wartawan di Serang, Banten, Selasa (14/1/2020).


Iman mengatakan rotasi dilakukan pada 1.000 lebih secara nasional. Khusus Banten ada 74, termasuk yang hari ini untuk Serang dan Rangkasbitung.

Dia menyebut ada 20 satuan kerja dan baru 1 yang mendapatkan predikat wilayah bebas korupsi di wilayah Banten. Dia meminta satuan lain mendapat WBK dan meningkatkan indeks kepuasan masyarakat.

"Baru satu WBK, 2020 ini semoga lebih dari itu," ujarnya.

Kepada para kepala rutan dan kepala lapas baru, Kanwil Banten juga meminta lembaga pemasyarakatan menciptakan suasana aman tertib untuk warga binaan. Termasuk pelayanan bagi keimigrasian.

"Pertama tetap bagaimana menciptakan suasana aman tertib kondusif. Kedua bagaimana memberikan pelayanan prima terbaik bagi warga binaan dan masyarakat yang ada," ujarnya. (bri/fdn)