Viral Dashyatnya Petir Menyambar-nyambar di Taal Volcano, Apa Penyebabnya?

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 19:05 WIB
Petir saat Gunung Taal, Filipina, meletus. (Getty Images/Ezra Acayan)

Dihubungi terpisah, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), Kasbani, mengatakan peristiwa petir saat erupsi gunung berapi merupakan kejadian yang lumrah. Dia berpendapat itu murni aktivitas gunung, bukan dari aktivitas iklim lain.

"Petir ini terjadi karena adanya tumbukan dari partikel-partikel dari material erupsi yang terfragmentasi di mana hal ini bisa menghasilkan listrik statis. Oleh karena itu, kita melihat petir umumnya berada di dalam/sekitar kolom letusan," kata Kasbani.



Soal terjadinya petir ini juga dibahas Telly Kurniawan dkk dalam tulisan berjudul 'Terjadinya Petir pada Erupsi Gunung Berapi', diterbitkan di Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) BMKG. Dijelaskan dalam tulisan itu, sumber sambaran petir biasanya ditimbulkan oleh awan cumulonimbus (Cb).

Prosesnya begini: Uap air naik (konveksi) berubah menjadi butiran es, jatuh, bertumbukan dengan molekul di awan, elektron (bermuatan negatif) terlepas dan jatuh terus ke bawah sementara yang tertinggal di atas karena tak ikut jatuh bermuatan positif. Kutub positif di atas, sementara negatif jauh ke bawah. Gara-gara muatan negatif berinteraksi dengan tanah yang netral, terbentuklah polarisasi positif. Muncul medan listrik dengan beda tegangan 100 juta volt. Terjadilah petir.

"Terjadinya petir saat erupsi gunung berapi tidak jauh berbeda," kata Telly Kurniawan dkk.

Viral Dashyatnya Petir Menyambar-nyambar di Taal Volcano, Apa Penyebabnya?Petir Vulkanik di Gunung Taal (AP Photo/Aaron Favila)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3