Bendera Indonesia: Sejarah, Makna, dan Lagunya

Tasya Awlia - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 17:05 WIB
Foto: Agung Pambudhy/Bendera Indonesia : Sejarah, Makna, dan Lagunya
Jakarta - Bendera menjadi simbol suatu negara, termasuk Negara Indonesia. Sang saka merah putih yang berbentuk empat persegi panjang, yang merupakan Bendera Indonesia.

Bendera Bangsa Indonesia, dengan bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih. Bendera kebanggaan Indonesia, merangkum nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme. Bendara merah putih ini juga tak luput dari sejarah hingga lagu untuk bendera Indonesia.



Sejarah Bendera Indonesia

Warna merah dan putih pada bendera, sebenarnya sudah digunakan sejak zaman kerajaan. Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Tmur, menjadikan bendera dengan warna merah putih sebagai lambang kebesarannya pada abad ke-13.

Tidak hanya Kerajaan Majapahit, yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Konon sebelum Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri sudah menggunakan warna merah putih sebagai panji kerajaan. Bahkan bendera perang Sisingamangaraja IX dari Tanah Batak juga memakai warna merah dan putih.

Kemudian pada awal abad ke-20 di bawah kekuasaan Belanda, para pelajar dan kaum nasionalis menggunakan bendera yang dinamakan Sang Merah Putih. Setelah perang dunia II dan Indonesia sudah merdeka, bendera merah putih mulai digunakan sebagai bendera nasional. Bendera Sang Saka Merah putih pertama kali dikibarkan di Indonesia pada 17 Agustus 1945 saat proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Setelah itu bendera merah putih, selalu dikibarkan setiap upacara bendera.

Selanjutnya
Halaman
1 2