Imigrasi Sebut Dokter Gadungan Amyza Tak Dicekal, Polisi Bicara Ini

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 16:54 WIB
Dokter kecantikan gadungan di Bone. (Zul/detikcom)
Makassar - Amyza Tomme (36), dokter kecantikan gadungan di Bone, Sulsel, kini diburu polisi karena kabur ke Malaysia. Imigrasi menyebut pihaknya tidak pernah menerima pengajuan pencegahan terhadap Amyza.

"Untuk pengusulan cekal harus langsung ke Direktorat Jenderal Imigrasi, setelah dicek di sistem, yang bersangkutan (Amyza) tidak termasuk dalam daftar cekal," kata Kepala Kantor Imigrasi Klas 1 Makassar Andi Pallawarukka saat dimintai konfirmasi, Senin (13/1/2020).


Terkait pencekalan, polisi menjelaskan, Amyza ditangguhkan penahanannya dan tidak dicekal ke luar negeri karena bersikap kooperatif. Namun kebijakan polisi ini dimanfaatkan oleh tersangka untuk kabur ke luar negeri.

"Awal Polres Bone tidak lakukan cekal karena (Amyza) kooperatif wajib lapor tadinya," ujar Dirkrimsus Polda Sulsel Kombes Augustinus B Pangaribuan saat dihubungi terpisah.


Namun, karena Amyza kabur ke luar negeri, polisi kemudian menggandeng Interpol untuk menangkap dokter gadungan tersebut.

"Kita sudah buat surat melalui Interpol untuk melakukan pencarian terhadap yang bersangkutan. Kita (berkoordinasi Interpol) melalui Mabes Polri," kata Augustinus. (fdn/fdn)