Menristek: Modifikasi Cuaca Akan Terus Dilakukan Antisipasi Bencana Banjir

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 14:40 WIB
Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro (Rahel/detikcom)
Jakarta - Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan modifikasi cuaca akan terus dilakukan. Hal ini dilakukan sesuai dengan prediksi cuaca ekstrim yang dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan permintaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Ya pokoknya kami menjalankan ini (modifikasi cuaca) sesuai dengan kondisi cuaca yang disampaikan oleh BMKG dan permintaan dari BNPB. Karena BNPB harus melakukan asesmen apakah kondisi cuaca yang diramalkan oleh BMKG ini berpotensi mendatangkan bencana. Jadi kami akan lakukan sejauh masih dibutuhkan," kata Bambang di Kantor BPK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).


Bambang menekankan proses modifikasi cuaca ini terus dilakukan dalam upaya mengantisipasi bencana banjir besar di Jabodetabek. "Ya sekali lagi, sesuai dengan kebutuhan. Karena kalau cuaca tentunya harus selalu mengantisipasi agar keberadaan hujan itu tidak menimbulkan bencana yang parah," ujar Bambang.

Selanjutnya
Halaman
1 2