PB Mathla'ul Anwar Temui Ma'ruf Bahas Upaya Kurangi Radikalisme

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 12:53 WIB
Foto: Ma'ruf Amin bertemu PB Mathla'ul Anwar (Jefrie-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menerima kunjungan dari Pengurus Besar (PB) Mathla'ul Anwar. Ketua Majelis Amanah Mathla'ul Anwar Irsjad Djuwaeli mengatakan pertemuan itu membahas upaya mengurangi radikalisme.

"Kami ingin membantu upaya pemerintah dalam upaya melakukan, mengurangi dan menghilangkan kalau mungkin sikap-sikap radikalisme dari masyarakat," kata Irsjad Djuwaeli di kantor Wapres, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).



Irsjad mengatakan pihaknya menaruh fokus pada bidang pendidikan. Dia menyebut pemahaman Islam yang kurang mapan menjadi salah satu faktor munculnya radikalisme.

"Paham dalam Islam itu kan sangat luas. Jadi kadang kala memahami sesuatu kurang jelas. Kemudian sudah disampaikan secara tidak memahami sehingga terjadilah radikal-radikal, benturan-benturan dengan yang lain," ucapnya.

Ketua Umum Mathla'ul Anwar, Ahmad Sadeli Karim, mengatakan pertemuan itu juga membahas zakat. Salah satunya soal lembaga zakat.



"Kami juga mengusulkan bagaimana kalau sekarang ini Undang-undang zakat itu Undang-undang lembaganya tapi kita ingin bagaimana Undang-undang itu yang mewajibkan umat Islam yang sudah wajib zakat itu dizakati. Zakat itu harus ada perintah," ucap Sadeli.

Hadir pula pada pertemuan ini Ketua Umum DPP Generasi Muda Mathla'ul Anwar Ahmad Nawawi. Pada pertemuan ini, pihak Mathla'ul Anwar juga mengundang Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk hadir ke Muktamar mereka ke-20 pada bulan Juli tahun 2020. (jef/haf)