Kontroversi Lampu Motor Jokowi, Ngabalin: Presiden Manapun Punya Privilege

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 14:20 WIB
Ali Ngabalin (Lisye/detikcom)
Jakarta - Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin merespons soal kontroversi beda perlakuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mahasiswa UKI yang ditilang saat tidak menyalakan lampu sepeda motor saat berkendara. Ngabalin mengatakan di belahan dunia manapun kepala negara memiliki keistimewaan atau privilege.

Awalnya Ngabalin menjelaskan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Menurut Ngabalin, dalam undang-undang itu, ada pasal yang membahas tentang pengguna jalan yang memperoleh hak utama, hal itu ada pada Pasal 134 dan Pasal 135.

Ngabalin menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang memiliki keutamaan di jalan raya. Di antaranya mobil pemadam kebakaran, ambulans, hingga pejabat negara.

"Saya tanya dulu ya kalau ada traffic light begitu padat ada kebakaran, mobil kebakaran itu kalau lewat itu disuruh untuk semua orang pengguna jalan dikasih bebas. Ada ambulans memuat orang sakit sepadat apa pun jalan harus dibuka, dikasih privilege, untuk apa? untuk mobil itu," ujar Ngabalin di Warunk Upnormal, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020).


"Termasuk grup atau kecelakaan. Harus dikasih ruang jalan. Undang-undang itu memberikan pengecualian. Semua orang harus tunduk kepada rambu-rambu lalu lintas tapi ada pengecualiannya. Baru poin yang keempat itu pejabat pemerintah, pejabat negara," tambahnya.


Kendati demikian, Ngabalin mengaku tetap menghormati langkah mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UKI, Jakarta, Eliadi Hulu yang menggugat UU LLAJ ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dia mempersilakan Eliadi untuk memperjuangkan hak konstitusinya.

"Jadi, kalau mahasiswa batu ujinya itu adalah judicial review atas hak-hak konstitusinya yang tidak diberikan porsi yang tepat dan ingin mengajukan JR terhadap UU. Saya dari awal bilang harus diberikan dukungan agar dia diberikan hak-hak konstitusinya," tutur Ngabalin.

Selanjutnya
Halaman
1 2