Pertamina Foundation Beri Bantuan untuk Ibu-ibu & Balita Korban Banjir

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 13:16 WIB
Foto: Dok Pertamina
Jakarta - Pertamina Foundation kembali peduli korban banjir dengan mengunjungi Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Tangerang untuk memberi bantuan makanan sehat balita dan perlengkapan balita dan sekolah anak-anak.

Usai melihat kondisi warga pada saat kunjungan, Pertamina Foundation akan mengirimkan kembali bantuan berupa obat-obatan untuk penyakit kulit dan diare.

Dalam kerumunan ibu-ibu dan anak-anak, Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari memberikan pesan agar para warga menjaga kesehatan dan anak-anak dapat segera kembali bersekolah.


"Dengan bantuan ini, adik-adik harus rajin sekolahnya" ucap Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (10/1/2020).

Sebelumnya, hujan deras sepanjang malam tahun baru yang mengguyur Jabodetabek menyisakan banjir berkepanjangan di Kecamatan Teluknaga. Desa Tanjung Burung menjadi langganan banjir setiap tahunnya, tetapi luapan sungai Cisadane di awal tahun 2020 melebihi tahun-tahun sebelumnya.

Sejumlah 135 KK warga RT 13/RW 07 Kampung Cirumpak, salah satu dusun dari Desa Tanjung Burung hingga saat ini masih terendam air dengan ketinggian mencapai lutut kaki orang dewasa. Awalnya ketinggian banjir mencapai 1 meter.

Letak Desa Tanjung Burung berjarak kurang lebih 10 km dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Perjalanan menuju lokasi melalui medan jalan sempit dan tergenang air serta berlumpur yang hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat. Di sepanjang jalan tampak ibu-ibu yang hanya duduk-duduk sambil membersihkan perabotan serta anak-anak yang belum kembali bersekolah malah asik bermain genangan air.

Tradisi warga Cirumpak yang tidak pernah mau mengungsi masih dipertahankan sampai sekarang. Ketua RW kampung Cirumpak Mandra mengatakan, warga sudah terbiasa dengan banjir setiap tahunnya.

"Warga tetap bertahan di rumah, karena warga di sini sudah terbiasa banjir setiap tahunnya," ucapnya.


Namun, salah satu warga, Munah mengatakan banjir tahun ini yang tidak kunjung surut menimbulkan permasalahan kesehatan. Banyak warga RT13/RW07 yang mengeluhkan gatal pada kulit, luka sukar sembuh, dan kesulitan air bersih.

"Terima kasih Pertamina Foundation telah membantu. Tapi mohon jika ada kami diberi juga salep obat gatal-gatal untuk kaki saya dan cucu saya ini." ujar Munah.


Tonton juga Sekolah Ambruk karena Hujan, Nadiem Turut Beri Tunjangan ke Guru :

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)