Resmikan PT Moda Integrasi, Anies Harap Transportasi Jakarta Jadi Kelas Dunia

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 10:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (Foto: Matius/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. Anies berharap pengintegrasian ini nantinya bisa memajukan transportasi di Indonesia khususnya Jakarta.

Peresmian ini dilaksanakan di kantor Kementerian BUMN, Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020). Peresmian moda transportasi terintegrasi ini dihadiri langsung oleh Anies, Erick, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirut KAI Edi Sukmoro, beserta pejabat utama lainnya.

Anies menyebut upaya pengintegrasian ini sebagai upaya meningkatkan transportasi lebih baik lagi di Jakarta. "Ini semua tidak bukan adalah untuk kita memastikan Jakarta akan ada pelayanan transportasi umum yang terintegrasi yang lebih baik," kata Anies saat memberi sambutan.



Anies berharap pengintegrasian ini juga menjadikan transportasi umum khususnya di Jakarta berkelas dunia. Tidak hanya dari segi ekonomi, dia menyebut transportasi umum nantinya bisa jadi moda pemersatu.

"Harapannya transportasi umum di Jakarta adalah transportasi umum kelas dunia, kita tidak ingin transportasi umum kita di sini adalah transportasi yang dihindari tapi transportasi yang dinikmati. Ada hal penting terkait ekonomisnya dan efisiensinya, tapi juga adanya transportasi umum ini mempersatukan," ucap Anies.

"Harapannya yang ke kantor sampai mereka yang bekerja membersihkan itu kalau bicara dari rumah ke kantor mereka bisa satu kendaraan. Itu yang kita harapakan akan muncul sama-sama," sambungnya.



Anies menyebut nantinya moda transportasi Commuter, Kereta Api, TransJakarta, hingga Jak Lingko akan terintegrasi secara keseluruhan menjadi Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. Selain itu Raillink dan 72 stasiun juga akan berada di bawah integrasi ini.

"Lalu dengan angkutan darat yang lain kita akan integrasikan juga, jadi benar nenar nanti satu sistem, rute terintegrasi, pengelolaannya terintegrasi, lalu kartu tiket semua terintegrasi," ujar Anies. (maa/mae)