MUI Akan Gelar Kongres Umat Islam Indonesia Ke-7 di Babel 26-29 Februari

Faisal Javier - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 16:36 WIB
MUI akan menggelar Kongres Umat Islam Indonesia ke-7 di Babel, Februari 2020. (Faisal Javier/detikcom)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menyelenggarakan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ketujuh di Bangka Belitung (Babel) pada 26-29 Februari 2020. Dalam kongres ini akan dibahas upaya perjuangan umat untuk memajukan NKRI.

"Dengan tema 'Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia dalam mewujudkan NKRI yang Maju, Adil, dan Beradab'. Adil dan beradab ini kita ambil kata kunci dari Pancasila. Nah, tema ini sedang dielaborasi dalam satu materi pokok," jelas Wasekjen MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Amirsyah Tambunan dalam konferensi pers persiapan KUII ketujuh di gedung MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/1/2020).

Babel dipilih dilatarbelakangi perkembangan wisata halal di provinsi tersebut. Acara kongres diharapkan dapat mempromosikan wisata halal di Babel sekaligus menyumbang pendapatan negara.


"Bangka Belitung ini menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan sekaligus mempromosikan, baik lokasi maupun kuliner, juga bisa menjadi bagian dari kita untuk meningkatkan pendapatan nasional," jelas Amirsyah.

Pembahasan materi dalam kongres akan meliputi beberapa bidang antara lain pendidikan, ekonomi, sosial budaya, dan politik, sehingga serangkaian focus group discussion (FGD) diselenggarakan untuk menajamkan pembahasan saat kongres nanti.

"Ketika ada Kongres Umat Islam, maka permasalahan-permasalahan menjadi lebih tajam lagi karena sudah dibahas melalui FGD sebelumnya," kata Wasekjen MUI bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat Misbahul Ulum di lokasi yang sama.

Selanjutnya
Halaman
1 2