Kolaborasi soal Film-Budaya, Nadiem: Saya Ngefans Banget Sama Netflix

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 12:55 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim berkolaborasi dengan Netflix (Rahel/detikcom)

Tidak hanya itu, Netflix juga akan memberikan workshop pelatihan bagi 100 scriptwriter di Indonesia. Kemudian menyediakan dana USD 1 juta untuk pelatihan-pelatihan tersebut.

"Dan Netflix telah berkomitmen, terima kasih Netflix sudah ada komitmen sebesar USD 1 juta untuk pembangunan kapasitas kreativitas, itu tadi di LA mengenai scriptwriter kita. Dan juga akan juga mengadakan workshop di Indonesia dengan 100 penulis untuk melanjutkan pola pelatihan itu," kata Nadiem.



Nadiem pun menyampaikan akan ada kompetisi film-film pendek yang mengambil tema Pancasila. Hal ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan perfilman di Indonesia.

"Di luar itu pun akan ada kompetisi film pendek yang akan diselenggarakan oleh Netflix dan temanya adalah asas-asas Pancasila dan itu sangat exciting juga bagi kami untuk melihat talenta-talenta kita seperti apa film-film pendek ini dan akan ada hadiah produksi, bujet produksi sebesar USD 600 ribu ya, dan itu cukup lumayan ya untuk membuat film-film pendek itu," kata Nadiem.

Kolaborasi soal Film-Budaya, Nadiem: Saya Fans Banget Sama NetflixMendikbud Nadiem Makarim berkolaborasi dengan Netflix (Rahel/detikcom)


Nadiem mengatakan film-film bagus harus memiliki scriptwriter yang bagus. Karena itu, Nadiem ingin kolaborasi, kerja sama, dan pelatihan penulisan antara Netflix dan penulis lokal dapat meningkatkan kualitas produksi perfilman dalam negeri.

"Karena dari perbauran itulah tim-tim lokal kita, kreator-kreator lokal kita terciptanya magic-nya upskilling. Jadi di dunia perfilman ini hampir sama dengan vokasi lain. Kita hanya bisa meningkatkan capability kita dengan bekerja dengan orang-orang yang terbaik di dunia," tutur Nadiem.
Halaman

(imk/imk)