Lewat JKN-KIS, Pemprov Sumsel Subsidi Kesehatan 454.310 Jiwa Warga

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 23:03 WIB
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru menyampaikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan tetap mensubsidi pelayanan kesehatan untuk masyarakat Sumsel. Subsidi pelayanan kesehatan tersebut diaplikasikan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) di 2020 ini.

"Saya ingin masyarakat Sumsel mendapatkan jaminan kesehatan dengan tepat sasaran dan merata," ujar Herman dalam keterangan tertulis, Rabu (8/1/2020).

Ia menambahkan, terkait pelayanan kesehatan harus dimulai dari puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama yang merupakan tempat pelayanan dasar bagi masyarakat sebelum ke rumah sakit maupun dokter spesialis.

Ia juga menegaskan tidak ada hambatan dalam penyelenggaraan subsidi kesehatan yang merupakan bantuan dari Pemprov Sumsel untuk masyarakat Sumsel.

"Sehingga per tanggal 1 Januari 2020, Pemprov Sumsel akan tetap mensubsidi kepada 454.310 jiwa dengan status kepesertaan yang ada di kabupaten/kota se-Provinsi Sumsel," jelasnya.

Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu BPJS Kesehatan dr. Elsa Novelia, MKM mengatakan bahwa pada 2019 Pemprov Sumsel juga telah memberikan subsidi kepada masyarakat Sumsel melalui Program JKN-KIS untuk memastikan masyarakat Sumsel dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah.

"BPJS Kesehatan sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang tetap melanjutkan komitmen untuk mendaftarkan masyarakat Sumatera Selatan ke dalam Program JKN-KIS di tahun 2020, ini menunjukkan betapa besar dukungan Pemprov Sumsel untuk memastikan perlindungan kesehatan masyarakatnya," ucapnya.

Komitmen Pemprov Sumsel untuk tetap mendaftarkan penduduknya ke dalam Program JKN-KIS ini merupakan langkah nyata untuk mewujudkan perlindungan kesehatan menyeluruh atau Universal Health Coverage (UHC) di Provinsi Sumatera Selatan.



(mul/ega)