Melihat Eks Rumah Abu Bakar, Titik Awal Hijrah Nabi Muhammad SAW

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 18:10 WIB
Foto: ilustrator : Denny Putra/detikcom/Melihat Eks Rumah Abu Bakar, Titik Awal Hijrah Nabi Muhammad SAW
Jakarta - Kisah Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan wahyu Allah SWT punya beberapa momen penting, salah satunya saat hijrah ke Madinah bersama Abu Bakar Ash Shiddiq. Di momen inilah Islam makin berkembang hingga bisa menguasai Makkah.

Membicarakan hijrah, tentu wajib menyertakan rumah Abu Bakar As Siddiq sebagai titik tolak perjalanan penting tersebut. Dikutip dari situs Islamic Landmarks, bekas rumah Abu Bakar itu kini terletak di blok Makkah Towers Hotel. Untuk mengenang sang khalifah pertama itu di lantai empat Hotel Hilton kini dibangun Masjid Abu Bakar.

Dalam buku ensiklopedia Sejarah Makkah Al-Mukarromah karya Al-Ghozi, rumah Abu Bakar yang kerap ditulis Abu Bakar As Siddiq sempat mengalami penghancuran. Kondisi ini terjadi saat Raja Abdulaziz Al-Saud memasuki Makkah pada 17 Robi'ul Awal 1342 Hijriah atau 16 Oktober 1924.


Penghancuran terjadi pada bagian Al-Musholla yang disebut Daarul Hijrah, karena Rasulullah SAW mengawali perjalannya dari areal ini. Imam Nawawi menggambarkan tempat tinggal Abu Bakar sebagai tempat paling berharga kedua setelah Kakbah atau rumah Allah SWT.

Dikutip dari situs Sheikhdom of Sijjada Bakria, Masjid Abu Bakar mungkin berusia lebih tua dari Masjid Quba. Al-Musholla dibangun Abu Bakar As-Siddiq di halaman rumah setelah Quraisy melarangnya ke masjid. Abu Bakar kemudian sholat dan melakukan ibadah lain di tempat tersebut.


Al-Musholla mungkin terbilang kecil untuk ukuran bangunan masa kini. Namun untuk era tersebut, bangunan ini terbilang cukup besar. Sekilas tentang musholla yang menjadi cikal bakal Abu Bakar disebutkan dalam buku The Khalifah karya Abdul Latip Talib.

Kisah Abu Bakar As Siddiq memang tak bisa lepas dari Islam dan Nabi Muhamad SAW. Julukan Abu Bakar sebagai As Siddiq yang berarti jujur menandakan keunggulan karakternya. Tak heran jika Abu Bakar As Siddiq menjadi orang kepercayaan Nabi, menemani hijrah, dan menjadi khalifah pertama.
Selanjutnya
Halaman
1 2