Iran-AS Memanas, Jokowi Diminta Berperan Upayakan Solusi Damai

ADVERTISEMENT

Iran-AS Memanas, Jokowi Diminta Berperan Upayakan Solusi Damai

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 15:56 WIB
Bendera Iran dan AS (Reuters)
Jakarta - Anggota Komisi I DPR Fraksi NasDem, Willy Aditya, mengatakan, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia harus memainkan peran perdamaian atas konflik antara Iran dan Amerika Serikat (AS) yang makin memanas. Willly mengatakan pemerintah Indonesia harus mengambil sikap dari ketegangan kedua negara tersebut.

"Indonesia sebagai negara muslim terbesar dan cukup disegani harus bisa memainkan peran perdamaian dalam politik internasional. Kalau kita perhatikan bagaimana Trump akhirnya mau menyepakati perdamaian dalam konflik dagang dengan Tiongkok secara tiba-tiba beberapa hari lalu, sebenarnya itu adalah sinyal bagi Indonesia untuk ambil sikap," kata Willy dalam keterangan tertulis, Rabu (8/1/2020).

"Apalagi kita tahu pernyataan Trump bahwa dia melegalisasi serangan terhadap Solaimani itu tanpa persetujuan DPR," sambungnya.


Menurut Willy, Presiden Joko Widodo sebaiknya memainkan peran mengupayakan solusi damai agar konflik Iran dan Amerika tak berkelanjutan. Willy menilai tugas tersebut memang besar, namun dapat menunjukkan kelas Indonesia di dunia internasional.

"DPR bisa berperan lewat Inter-Parliamentary Union untuk melobi negara-negara anggota agar bersama-sama mendesak solusi damai Iran-Amerika. Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin utama juga sebaiknya memainkan peran untuk mengupayakan solusi damai. Ini pekerjaan besar yang harus dilakukan bersama untuk menunjukkan kelas Indonesia dalam percaturan dunia. Kepentingan kita besar sekali untuk menjaga perdamaian dunia," ucapnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT