Laporan dari Tokyo

Terima Gelar Dr HC Ke-9 Bidang Kemanusiaan, Megawati Kenang Dibentuknya BMKG

Indra Komara - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 11:49 WIB
(Foto: Indra/detikcom)


Yoshihisa menambahkan, Megawati juga dinilai memiliki kesamaan dengan pendiri Universitas Soka yang mengedepankan kemanusiaan.

"Dan keyakinan yang dimiliki Ibu Megawati persis sama dengan keyakinan yang dimiliki pendiri Universitas Soka yaitu kemanusiaan, berdasarkan filosofi kemanusiaan sudah aktif di berbagai bidang, maka itu kami ingin menganugerahkan honoris causa kepada ibu Megawati," tutur dia.

Sementara itu, Megawati sendiri tak menyangka mendapat gelar doktor kehormatan ke-9 dari Universitas Soka. Dewan Pengarah BPIP ini pun mengenang masa-masa dibentuknya BMKG.

"Tentunya saya ucapkan banyak terima kasih pada Universitas Soka karena seperti tadi juga di sini saya sampaikan tidak menyangka akan mendapatkan dokter honoris causa dari Universitas Soka ini. Dan tentunya dengan penghargaan yang telah diberikan, dan ketika saya akan mendapatkan honoris causa saya selalu menanyakan dalam artian untuk hal apa saya dapatkan doktor honoris causa itu," ucapnya.

"Dan kalau dari Universitas Soka adalah masalah kemanusiaan dan menurut beliau banyak saya membantu hal-hal tersebut karena mungkin juga mendengar apa yang saya lakukan di Indonesia, seperti antara lain membentuk badan yang sangat berguna yang puluhan tahun tidak ada yaitu BMKG," imbuh Megawati.

Menurut dia BMKG punya peran penting untuk kemanusiaan. Khususnya untuk prakiraan cuaca dan peringatan dini kegempaan maupun tsunami.

"Ketika saya jadi presiden terbentuk hal itu karena banyak sekali membantu masalah-masalah kemanusiaan," paparnya.
(idn/knv)