Serunya Santri Daarul Qur'an Belajar Budidaya Cabai & Terong

Mega Putra Ratya - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 23:21 WIB
Foto: dok Daarul Qur'an
Jakarta - Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an bersama Daqu Agrotechno menggelar kegiatan budidaya tanaman holtikultura. Ratusan santri SMP dan SMA ikut melakukan proses penyemaian bibit cabai dan terong.

"Kegiatan ini bertujuan mengenalkan santri tentang dunia pertanian. Setelah itu mereka diharapkan mampu memproduksi hasil-hasil pertanian, baik perseorangan maupun pengelolaan pesantren, untuk meningkatkan ekonomi umat," ujar seorang pendamping Ustadz Ridwan, Selasa (7/1/2019).


Kegiatan tersebut digelar di lapangan futsal Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an, Ketapang, Tangerang. Ridwan mengatakan kegiatan budidaya tanaman ini juga bertujuan untuk penghijauan lahan pesantren.

Serunya Santri Daarul Qur'an Belajar Budidaya Cabai & TerongFoto: dok Daarul Qur'an

Sementara itu Nanda, pemandu dari Daqu Agrotechno, menjelaskan budidaya tersebut terdiri dari tiga fase, yakni pra tanam, penanaman dan perawatan, serta panen. Daqu Agrotechno akan terus mendampingi hingga budidaya masuk pada tahap panen.

"Yang dilakukan hari ini adalah persiapan media tanam, penyemaian. Fase ini berakhir sampai tanaman bisa dipindahlahankan ke kebun atau polybag," tuturnya.


Kementerian Pertanian pada 2019 meluncurkan program Gerakan Santri Tani Milenial. Selain untuk mengenalkan pertanian ke para santri milenial, gerakan ini juga diharapkan bisa mendorong produktivitas pertanian dan menghasilkan banyak entrepreneur muda bidang pertanian ketika kembali ke masyarakat. (ega/mpr)