Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini Buktinya

ADVERTISEMENT

Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini Buktinya

Farih Maulana Sidik, Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 19:50 WIB
Foto: Toko tanpa plastik 'Naked Inc' di Jakarta (Wilda/detikcom)

Naked Inc sendiri dibuka sejak April 2019 lalu. Pemilik Naked Inc, Kiana Lee, mendirikan toko ini karena prihatin dengan banyaknya sampah plastik yang berakhir di laut hingga hutan. Dia juga berangkat dari pengalaman pribadi yaitu tentang kebutuhan akan bahan makanan. Biasanya, seseorang hanya butuh bumbu masak atau bahan makanan sedikit tapi terpaksa membeli banyak karena kuantitas yang disediakan toko sudah ditentukan.

"Karena alasan tersebut makanya saya memberanikan diri untuk membuka Naked Inc, the first zero waste shop di Jakarta. Mungkin dengan hal kecil yang saya buat bisa membuat orang-orang menjadi aware akan plastic waste dan food waste," ungkap Kiana saat dihubungi.

Awalnya, banyak pengunjung toko yang merasa kerepotan karena harus membawa kemasan dan wadah sendiri. Setelah diberikan penjelasan, lama kelamaan banyak pengunjung yang menjadiakan belanja tanpa plastik sebagai kebiasaan.

"Makin kemari, makin banyak yang sadar akan pentingnya membawa kemasan sendiri dan belanja yang seperlunya," ujarnya.

Kantong Plastik Kresek Dilarang di Jakarta Mulai Juli 2020

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan Pergub DKI Nomor 142 tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Pergub ini diteken Anies pada 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT