Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini Buktinya

ADVERTISEMENT

Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini Buktinya

Farih Maulana Sidik, Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 19:50 WIB
Foto: Toko tanpa plastik 'Naked Inc' di Jakarta (Wilda/detikcom)

Supervisor The Bulkstore & Co, Dwi Nurmalia, menyatakan konsep belanja di toko tersebut berbeda dengan konsep belanja di supermarket pada umumnya. Menurutnya, konsumen bisa membeli tanpa batas minimum sesuai kebutuhannya di toko ini.

"Jadi customer boleh beli berapapun yang mereka butuhkan, jadi nggak membuang-buang makanan dengan percuma. Jadi kalau di supermarket kan kita sebenarnya butuhnya hanya sekian gram tapi harus beli sekian banyak kan," kata Dwi di lokasi.

"Kalau di sini kita boleh beli 1 gram, 2 gram, terserah sih dan mereka bawa tempat sendiri, biasanya sudah mengerti. Kalau pun tidak membawa, kita menyediakan beberapa alternatif kayak telobag, paper, jar dengan aneka harga seribu sampai 11 ribu tempatnya," lanjut dia.



Selain The Bulkstore & Co, toko tanpa wadah plastik juga dapat ditemui di Kemang Timur, Jakarta Selatan. Toko bernama 'Naked Inc' itu tidak menyediakan kantong plastik maupun wadah plastik bagi pelanggan. Kuantitas barang-barang yang dijual pun bisa dibeli sesuai kebutuhan konsumen.

Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini BuktinyaFoto: Toko tanpa plastik 'Naked Inc' di Jakarta (Wilda/detikcom)


Seluruh ruangan dipenuhi botol kaca berjajar beraturan. Botol-botol kaca tersebut nampak berisi makanan, kacang-kacangan, bahan pokok, deterjen, alat mandi bahkan bumbu dapur untuk memasak.

Di luar botol kaca yang berisi bahan tersebut, tertulis harga satuan per-gram dengan tinta permanen. Harga tersebut mulai dari Rp 37 gram sampai paling tinggi Rp 1.800 gram. Pembeli bisa menentukan takaran gram sesuai yang diinginkan dan penjual akan membantu dengan timbangan yang disediakan.

Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini BuktinyaFoto: Toko tanpa plastik 'Naked Inc' di Jakarta (Wilda/detikcom)


Sebagai contoh, beras dihargai Rp 37/gram. Setelah ditimbang, beras tidak dimasukkan ke plastik melainkan ke paper bag jika pembeli tidak membawa wadah sendiri. Pengunjung dikenai biaya tambahan untuk paper bag seharga Rp 3.500 dan botol kaca seharga Rp 30.000 - Rp 100.000. Setelah belanjaan dimasukkan wadah, pelanggan juga tidak diberikan plastik sama sekali. Dengan demikian, pelanggan bisa berbelanja tanpa plastik sama sekali di toko itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT