Baca Doa Anti Malas Ini, Biar Tak Mager dan Rezeki Dipatok Ayam

Niken Widya Yunita - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 05:00 WIB
Foto: iStock/Baca Doa Anti Malas Ini, Biar Tak Mager dan Rezeki Dipatok Ayam


Doa anti malas ini juga bisa dibaca. Sesuai dalam HR Abu Dawud, Rasulullah bersabda:


اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ .وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ


Allohumma innii a'uudzubika minal hammi wal hazani wa a'uudzubika minal 'ajzi walkasali, wa a'uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a'uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal.


Artinya: "Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, Aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan utang dan kezaliman manusia." (HR Abu Dawud 4/353).



Jika dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari, kita ingin menghindari rasa malas dengan melakukan hal-hal yang positif. Berikut cara agar terhindar dari rasa malas:

1. Berwudhu atau membasuh muka ketika rasa malas datang.

2. Berdoa kepada Allah SWT

3. Pahami Konsep Waktu

"Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari. Gunakanlah waktu sehatmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu." (HR. Imam Bukhari).

4. Mengubah kegiatan ketaatan. Misalnya yang tadinya menghafal surat diganti dengan mendengarkan kajian lewat media sosial.

5. Mengerjakan amal sholeh atau berbuat baik pada orang lain.

Itulah doa anti malas. Sering-seringlah membaca doa itu agar terhindar dari sifat malas.


selanjutnya
Halaman

(nwy/erd)