Larangan Kantong Plastik di Mal-Pasar Jakarta Berlaku Mulai Juli 2020

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 10:29 WIB
Ilustrasi belanja dengan kantong plastik. (Pradita Utama/detikcom)

Pergub ini mengatur bahwa pusat perbelanjaan (mal), toko swalayan, hingga pasar wajib menggunakan kantong belanja ramah lingkungan. Yang dimaksud dengan 'kantong belanja ramah lingkungan' adalah kantong belanja guna ulang (reusable) yang dapat terbuat dari bahan apa pun, baik daun kering, kertas, kain, poliester dan turunannya, ataupun materi daur ulang, memiliki ketebalan yang memadai, dapat didaur ulang, serta dirancang untuk dapat digunakan berulang kali.

Selain itu, pusat perbelanjaan (mal), toko swalayan, hingga pasar dilarang menggunakan kantong belanja plastik sekali pakai. Yang dimaksud dengan 'kantong belanja plastik sekali pakai' adalah kantong belanja dengan pegangan tangan yang digunakan sebagai wadah untuk mengangkat barang; terbuat dari bahan dasar plastik, polimer termoplastik, lateks, polietilena, thermoplastic synthetic polymeric, atau bahan sejenis lainnya.


Ilustrasi sampah plastik / Ilustrasi sampah plastik. (Pradita Utama/detikcom)


Bagaimana bila pelanggan membeli daging atau sayur yang belum terbungkus kemasan apa pun? Pergub ini masih mengizinkan mal, swalayan, hingga pasar menyediakan plastik kemasan sekali pakai untuk mewadahi bahan pangan yang belum dibungkus apa pun.

Yang dimaksud dengan 'kantong kemasan plastik sekali pakai' adalah kantong transparan sebagai kemasan untuk membungkus dan menjaga sanitasi bahan pangan yang belum terselubung kemasan apa pun serta terbuat dari bahan dasar plastik, polimer termoplastik, lateks, polietilena, thermoplastic synthetic polymeric, atau bahan sejenis lainnya.
Halaman

(imk/haf)


Debat Capres AS