Duh Banyak Fasilitas Rusak, Alun-alun Cianjur Ditutup Sementara

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 10:26 WIB
Foto: Ismet Selamet
Cianjur - Pemerintah Kabupaten Cianjur menutup sementara Alun-alun Cianjur, mulai Senin (6/1/2020). Pasalnya banyak fasilitas yang rusak dengan adanya kegiatan pameran Pariwisata UMKM dan pasca pesta perayaan tahun baru 2020.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan penutupan dilakukan hingga masa perbaikan selesai.

"Per hari ini kami tutup karena banyak yang rusak. Hingga kapannya tergantung selesainya perbaikan, bisa lebih cepat dalam hitungan minggu atau memakan waktu hingga sebulan lebih," ujar Herman, Senin (6/1/2020).

Untuk proses perbaikan tidak dilakukan oleh Pemkab melainkan penyelenggara kegiatan pameran di kawasan Alun-Alun Cianjur.

Herman juga sudah mengeluarkan surat agar panitia penyelenggara bertanggungjawab atas setiap kerusakan. Jika tidak, Pemkab bakal memberikan memproses hukum.

"Surat untuk meminta pertanggungjawaban dan perbaikan sudah saya tandatangani serta diberikan pada panitia. Karena itu sepenuhnya jadi tanggungjawab mereka, kalau tidak kunjung ada perbaikan kami akan keluarkan surat teguran hingga proses hukum lainnya," tegas Herman.
Duh Banyak Fasilitas Rusak, Alun-alun Cianjur Ditutup SementaraFoto: Ismet Selamet

Terkait fasilitas apa saja yang rusak, Herman sudah memerintahkan instansi terkait untuk melakukan pendataan. Namun yang sudah jelas terlihat ialah meja beton yang ambruk dan lampu hias yang patah.

Namun selain itu, tampak juga sampah berserakan di dalam kawasan Alun-alun, tepatnya di lokasi bekas stan pameran pariwisata dan UMKM digelar.

Dengan adanya kerusakan, lanjut Herman, Pemkab akan mempertimbangkan kembali jika ada ajuan atau rencana kegiatan pameran di dalam kawasan Alun-alun.

"Kalaupun ada pameran tidak boleh lebih dari tiga hari, apalagi sampai ada wahana bermain seperti kemarin. Ini fasilitas umum yang harus dijaga bersama, apalagi pengunjung bukan hanya warga Cianjur melainkan dari luar daerah juga. Harus dijaga, bukannya malah dirusak," pungkasnya.
Duh Banyak Fasilitas Rusak, Alun-alun Cianjur Ditutup SementaraFoto: Ismet Selamet

Alun-alun Cianjur ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi Februari 2019 silam. Jokowi saat itu memuji Alun-alun Cianjur. "Bagus banget," ujarnya.

Dia berharap alun-alun itu bisa menjadi percontohan bagi daerah lain. "Saya sangat mengapresiasi pembangunan Alun-alun Kabupaten Cianjur ini. Semoga berguna bagi ruang publik, ruang sosial, dan ruang demokrasi bagi masyarakat," kata Jokowi saat itu.


Tonton juga Update! Banjir DKI-Banten-Jabar: Korban Jiwa 53, Pengungsi 173 Ribu :

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)