Cuaca Buruk di Kupang, 6 Rute Pelayaran Ditutup Sementara

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 12:08 WIB
Ilustrasi (Ardian Fanani/detikcom)
Kupang - Cuaca buruk di Kupang, NTT, membuat 6 rute pelayaran ditutup sementara sejak pagi tadi. Rute-rute pelayaran itu akan dibuka ketika cuaca kembali normal.

"Ada enam rute pelayaran dari Kupang dan menuju Kupang yang kami tutup atau hentikan sementara akibat buruknya cuaca, " kata General Manager PT ASDP indonesia Ferry Cabang Kupang Cuk Prayitno yang dikutip dari Antara di Kupang, Minggu (5/1/2020).



Enam rute yang ditutup itu adalah:

1. Kupang-Rote dengan KMP Inerie II dan KMP Ile Mandiri
2. Kupang-Hansisi (pulau Semau) dengan kapal KMP Lakaan dan KMP Ile Mandiri
3. Kupang-Larantuka (Flores Timur) dengan kapal KMP Lakaan
4. Kalabahi (Alor) -Kupang dengan kapal KMP Ile Labalekan dan KMP Ranaka
5. Larantuka-Solor-Lewoleba-Kupang dengan KMP Ile Ape
6. Waingapu-Raijua-Sabu-Kupang dengan KMP Uma Kanada

"Semuanya kami tutup karena memang cuacanya lagi buruk dan sudah ada peringatan cuaca ekstrem dari pihak BMKG," ujar dia.



Tonton video BMKG: Kalau Ada Peringatan Dini Disertai Hujan Lebat Harus Siaga!:




Ia juga menambahkan, selain enam rute tersebut, ASDP menutup rute pelayaran di Kabupaten Sikka, yakni dari Kewapante -Pemana-Pulau Besar-Pemana-Kewapante. Penutupan sejumlah rute tersebut, kata dia, dilakukan sampai beberapa waktu ke depan dengan melihat kondisi cuaca dan pertimbangan teknis operasional dari nakhoda dan KSOP.

Laporan BMKG Kupang menyatakan tinggi gelombang berkisar 1,25-5 meter. Tinggi gelombang 1,25-2,5 meter terjadi di wilayah perairan utara Flores, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian timur, Selat Ombai, Selat Flores-Lamakera, dan Selat Alor. (rvk/rvk)