Aktifkan Gerakan Penghijauan, Polda Gorontalo Tanam Seribu Pohon

Ferdinan - detikNews
Sabtu, 04 Jan 2020 09:15 WIB
Foto: DOK. Polda Gorontalo/ DOK. Polda Gorontalo/ Gerakan penanaman pohon di SPN Polda Gorontalo
Jakarta - Polda Gorontalo mengaktifkan gerakan penghijauan demi menjaga keberlangsungan lingkungan. Gerakan ini dimulai dengan penanaman seribu pohon.

"Kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan polisi peduli penghijauan. Kita awali di lingkungan SPN Polda Gorontalo dengan menanam seribu pohon," ujar Kapolda Gorontalo Brigjen Wahyu Widada dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/1/2020).

Pohon-pohon yang ditanam di antaranya pohon buah hingga tanaman langka khas Sulawesi seperti Eboni. Gerakan penghijauan dipastikan Brigjen Wahyu tidak hanya dilakukan di SPN namun hingga Polres dan Polsek.

"Penghijauan ini penting dilakukan guna menangani krisi lingkungan," sambung Wahyu.




Penanaman pohon menurut Wahyu memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen, mengurangi CO2 dan polutan lainnya.

"Jika tanaman buah, bisa dimanfaatkan buahnya. Dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor/erosi. Intinya jika kita sayangi alam kita, maka alam pun akan sayang kepada kita. Oleh karena itu mari hijaukan lingkungan kita," tutur Wahyu.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tricahyono mengatakan program polisi peduli penghijauan merupakan gagasan Kapolri Jenderal Idham Azis. Hal ini disebut wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup.

"Selain itu dengan banyaknya bencana yang terjadi yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, menuntut kepedulian bersama untuk menata kembali lingkungan salah satunya dengan penghijauan mulai dari lingkungan rumah, kantor, dan lingkungan lainnya," kata Wahyu Tricahyono. (fdn/fdn)